Senin, November 02, 2009

SISTEM SINYAL DI JARINGAN KERETA API (SIGNALING SYSTEM)

Dalam sistim persinyalan dibedakan dalam dua kategori penempatan peralatan, yang kita sebut dengan istilah peralatan dalam dan peralatan luar.



Secara defenisi peralatan persinyalan adalah seperangkat fasilitas yang berfungsi untuk memberikan isyarat berupa bentuk, warna atau cahaya, yang ditempatkan pada suatu tempat tertentu dan memberikan isyarat dengan arti tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta api.


Peralatan luar adalah peralatan sinyal yang ditempatkan diluar ruangan operator.

Terdiri dari :

  1. Sinyal, Marka dan Tanda.
  2. Penggerak Wesel
  3. Alat pendeteksi bakal pelanting.
  4. Peralatan pengamanan perlintasan sebidang.


Peralatan dalam adalah peralatan sinyal yang ditempatkan didalam ruangan operator.

Terdiri dari :





Awal mulanya sistim persinyalan menggunakan sistim persinyalan mekanik, yang saat ini masih digunakan di beberapa negara. Dengan berkembangnya teknologi sistim persinyalan, maka sistim persinyalan mekanik telah beralih ke sistim persinyalan listrik. Apa yang dimaksud dengan sistim persinyalan mekanik ?. Sistim persinyalan mekanik adalah sistim persinyalan yang menggunakan media penggerak mekanik untuk setiap peralatan luar, sedangkan sistim persinyalan listrik menggunakan media penggerak listrik untuk setiap peralatan luar.

1 komentar:

didik mengatakan...

bagus dan bermanfaat untuk pembelajaran bagi yg gak ngerti

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...