Jumat, Oktober 23, 2009

ALAT PENDETEKSI KA

Alat pendeteksi Bakal Pelanting berfungsi untuk mendeteksi keberadaan kereta api/bakal pelanting pada suatu bagian jalan rel.

Jenis-Jenis alat pendeteksi KA ataupun istilah kereta api "Bakal Pelanting" seperti Lori motor dll sebagai berikut :

  • Trek sirkit ( Track Circuit ), Alat Pendeteksi jenis trek sirkit bekerja berdasarkan terhubungsingkatnya kedua rel oleh roda dan gandar bakal pelanting dan terdiri dari jenis :
  1. Trek Sirkit Arus Searah ( DC).
  2. Trek Sirkit Arus Bolak Balik (AC)
  3. Trek Sirkit Frekuensi Suaran (AF)
  4. Trek Sirkit Impulse Tegangan Tinggi ( HVI)

  • Jenis Trek Sirkit





















  • Penghitung Gandar ( Axle Counter), Alat Pendeteksi Bakal Pelanting jenis ini bekerja berdasarkan penghitungan jumlah gandar bakal pelanting/Kereta Api yang melalui alat pendeteksi roda yang dipasang disisi rel untuk menghitung masuk/keluar, ke/dari bagian jalan rel yang bersangkutan.


  • Jenis Penghitung gandar
















Persyaratan yang diperlukan :
  • Alat Pendeteksi harus mampu memberikan kemudahan bagi pengawasan dan perawatan .
  • Alat pendeteksi harus mampu mendeteksi keberadaan bakal pelanting secara akurat.
  • Mekanisme Kerja peralatan tidak boleh terganggu oleh induksi Elektro Magnetik lain.
  • Lokasi pemasangan di Emplasemen/Area Stasiun atau di Lintas (antar stasiun).
  • Kondisi sekitar tempat pemasangan, apakah daerah banjir atau tidak.
  • Kebutuhan Teknis.

Pemasangan :
  • Trek Sirkit Arus Searah dipasang untuk lintas yang tidak menggunakan Jaringan Listrik Aliran atas ( Catenary).
  • Trek Sirkit Arus Bolak Balik dipasang untuk lintas yang menggunakan jaringan Listrik Aliran atas Arus Searah.
  • Trek Sirkit Frekuensi Suara dipasang untuk lintas yang menggunakan Jaringan Listrik Aliran Arus Bolak Balik
  • Trek Sirkit Impulse tegangan tinggi dipasang pada lintas yang menggunakan Jaringan Listrik Arus Searah dan Bolak Balik.
  • Trek sirkit dipasang pada kondisi jalan rel yang tidak menggunakan bantalan besi, karena dengan cara kerja yang telah diutarakan diatas dengan sistim sirkit (loop line). Hal ini untuk menghindari terjadinya hubung singkat (Short Circuit) sebelum relay bekerja.
  • Jalan rel yang digunakan harus mempunyai tahanan ballast minimum 2 ohm/km.
  • Gandar bakal pelanting/Kereta mempunyai tahanan maksimum 0,3 ohm/roda.
  • Rel yang digunakan mempunyai tahanan maksium 0,05 ohm/km.
  • Penghitung Gandar dipasang di jalan rel yang menggunakan bantalan besi, kayu dan beton.
  • Penghitung Gandar dipasang di jalan rel yang sering tergenang air.
  • Penghitung gandar dipasang di jalan rel yang terdapat konstruksi jembatan besi, persilangan dengan jalan rel lainnya, dan perlintasan sebidang yang tidak dapat diisolasi dari arus liar.



Dilain waktu akan diutarakan bagaimana mendisain sistim pendeteksi bakal pelanting/kereta.






1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...