Selasa, November 03, 2009

JARINGAN KERETA API DI ACEH

Saat ini pemerintah melalui Departemen Perhubungan telah melakukan langkah -langkah pengembangan jalur KA di Jawa, Sumatra dan dikemudian hari di Kalimantan dan Pulau-pulau lainnya. Departemen Perhubungan melalui Direktorat Perkeretaapian dan SATKER ( Satuan Kerja ) berupaya mengimplementasikan Undang-Undang 23 untuk pengembangan Kereta Api di beberapa wilayah Daerah Operasi (DAOP) atau Divre. Salah satu contoh Jalur KA di Aceh, dengan anggaran APBN telah dibangun dan direnovasi beberapa jalur KA Eksisting maupun pengembangan jalur-jalur baru dengan lebar sepur (Track Gauge) 1435 mm bukan lagi seperti zaman Balanda 1067 mm. Kenapa dipilih 1435mm? Hal ini ada kaitannya dengan rencana Trans Asia yang menggunakan lebar sepur 1435mm, yang dimulai dari Vietnam. Secara operasi KA, lebih stabil dan kecepatan KA bisa lebih tinggi. Diharapkan Jalau KA akan saling berhubungan mulai dari Banda Aceh sampai dengan Lampung dan juga tidak menutup kemungkinan akan tersambung dengan jaringan KA di Jawa melalui Proyek Jembatan Terpadu Selat Sunda yang telah direncanakan oleh Pemrov Lampung dan Pemrov Banten melalui koordinasi Departemen Perhubungan.




Foto Wesel dengan Bantalan Beton ( Turnout with Concrete Sleeper) di Aceh




Jalan Rel dengan Lebar Sepur ( Track Gauge) 1435 mm dan Bantalan Beton

4 komentar:

hanafi spoorwegen mengatakan...

Wah, akhirnya ada juga wesel ber-alaskan bantalan beton di Indonesia ditambah dengan lebar sepur 1435 pula. Tapi sayang lokasinya jauh sekali yah. Untuk melihatnya secara langsung butuh biaya yg sangat besar :D :D

Pak Syarif, apakah karena dengan lebar sepur 1435 ini maka rel KA sudah diharuskan untuk menggunakan bantalan beton ?


Thanks.

Fredy mengatakan...

Apakah dari segi kenyamanan, menggunakan wesel bantalan beton lebih baik daripada wesel bantalan kayu ? ?

Anonim mengatakan...

Kalau dari segi kenyamanan lebih nyaman bantalan beton, karena elastisitas telah didukung oleh tubuh ban (ballast).

mssyarif mengatakan...

Untuk pilihan bantalan :
1. Masalah ketersediaan kayu yang mulai menipis. Hutan sudah banyak gundul.

2. Digunakan bantalan beton sebagai pengganti bantalan kayu untuk kenyaman dan kekuatan.

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...