Jumat, September 11, 2009

DOUBLE DOUBLE TRACK

Sudah saatnya proyek Double Double Track antara Stasiun Manggarai - Stasiun Bekasi segera dimulai, dikarenakan kondisi titik pertemuan antara KA Komuter dan KA Jarak Jauh ( Long Distance) sudah tidak memadai, akibatnya terjadi keterlambatan-keterlambatan KA. Dengan adanya proyek tersebut, diharapkan titik masalah yang ada bisa teratasi. Stasiun Manggarai menjadi titik pertemuan antara KA Komuter dari Jalur Bogor (Bogor Line), KA Komuter dari Jalur Serpong (Serpong Line), KA Komuter dari Jalur Bekasi (Bekasi Line) dan KA Komuter dari jalur lingkar ( Loop Line) serta KA Jarak Jauh ( Long Distance). Dengan jumlah spur KA yang ada tidak mencukupi, terutama disaat jam puncak pagi dan sore hari.

Dengan konsep pemisahan KA Komuter dan KA Jalar jauh di Stasiun Manggarai, akan menjadi solusi yang tepat. KA Jarak jauh hanya sampai stasiun akhir dan stasiun pemberangkatan di Stasiun Manggarai, bukannya di stasiun gambir. Sehingga untuk penumpang yang akan melanjutkan perjalanan maupun yang akan berangkat menggunakan KA Komuter.

Headway bisa lebih cepat dan bisa dilakukan penambahan rangkaian KA Komuter dengan syarat supply daya dari gardu traksi dicukupi di tiap lintas. Mudah2an keluhan masyarakat pengguna angkutan massal kereta api komuter bisa teratasi.

Tidak ada komentar:

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...