Rabu, Juni 17, 2009

VERTIGO

VERTIGO

image001 Pernahkah anda naik gondola ? Bagaimana rasanya melayang dielevasi puluhan meter diudara dan menikmati sky view nyaris 90 derajat kebawah ?


Sky view adalah nilai tambah bangunan bertingkat, itulah kenapa apartment termahal ( penthouse ) selalu ditempatkan dilantai paling atas. Saat ini sky view horisontal dianggap belum cukup, timbul keinginan lain sky view 3 dimensi - selain depan belakang bisa juga melihat keatas & kebawah. Mirip pandangan yg hanya bisa dinikmati para penerjun / penerbang / pekerja gondola dengan lantai tembus pandang.


image002Saat ini sedang dipasang sky deck di Sears Tower Chicago. Bangunan tertinggi sedunia 1974 tinggi 442 m - 102 lantai ini, dipasangi kubus kaca setinggi 3m - lebar 4,2m dan tebal 1,2m pd puncak lantainya. Ini adalah dimensi kubus kaca yg nongol dari garis terluar curtain wall Sears Tower, dijepit diantara dua kolom vertikal. Namun dengan pertimbangan perawatan gedung, kubus kaca dilengkapi oscillator yg mampu mendorong keluar atau menarik kembali kubus rata curtain wall. Kubus kaca dirancang mampu menahan beban 5000 pounds ( 2268 kg - setara 32 orang ) dan tekanan angin 125 lb per sq feet. Kaca pd bagian lantai dan dinding dilapisi laminating film setebal 7 mm, untuk alasan safety. Tidak ada penjelasan sambungan sudut kaca dilakukan, cuma pastinya tidak cuma disealant seperti biasa kita lakukan disini. Tetapi tidak perlu kuatir, karena kubus kaca dalam full scale sudah lulus percobaan dengan beban 250%. Hingga jika bulan depan selesai, kubus siap menampung para penikmat sky view 3 dimensi dari lantai 102 Sears Tower - kecuali bagi yg vertigo. Mau ?


( disarikan dari ENR edisi 18 Mei 2009 )

Tidak ada komentar:

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...