Al Baqarah 269
Alloh memberikan Hikmat kebijaksanaan (ilmu yang berguna) kepada siapa yang dikehendakiNya dan siapa yang diberikan hikmat itu maka sesungguhnya dia telah diberikan kebaikan yang banyak. Dan tiadalah yang dapat mengambil pengajaran (dan peringatan) melainkan orang-orang yang menggunakan akal fikirannya.

Hadist Nabi :

Pergunakanlah kesempatan lima (perkara) sebelum (datangnya) lima (perkara):

1. Waktu hidupmu sebelum matimu,

2. Waktu sehatmu sebelum sakitmu,

3. Waktu luangmu sebelum sibukmu,

4. Waktu mudamu sebelum tuamu dan

5. Waktu kayamu sebelum kefakiranmu.


Rabu, Juni 17, 2009

CARA MENGHILANGKAN MASALAH STRESS

Doa untuk Menghilangkan Stress


Dalam kehidupan ini manusia tak terlepas dari suka dan duka, sedih dan bahagia. Kondisi ini pasti dihadapi dan dialami oleh setiap manusia. Hanya saja ada yang mampu menghadapinya, ada juga yang tak sanggup memikul bebannya.Semestinya setiap manusia mampu memikul semua beban derita karena Allah swt tak pernah menghadapkan manusia pada suatu ujian seberat apapun kecuali disesuaikan oleh kemampuannya.
Allah swt dengan sifat adil dan bijaksana-Nya telah mengkaruniakan tiga potensi pada semua manusia. Hanya saja ada yang mengaktualkannya secara seimbang, ada juga yang belum mampu mengaktualkan secara seimbang. Mereka inilah yang akan mengalami penderitaan hati dan kehilangan keseimbangan hidup. Yang akhirnya berakibat pada stres dan gangguan kejiwaan.
Karena itu kita sangat dianjurkan untuk memiliki senjata yang ampuh untuk menghadapi penderitaan. Khususnya bagi yang keseringan menghadapi beban penderitaan. Doa merupakan senjata yang paling ampuh untuk menghilangkan segala beban derita.
Rasulullah saw pernah mengajarkan kepada kita doa yang dapat menghilangkan derita, duka, bahkan doa ini dapat mencerahkan hati dan mencerdaskan pikiran. Keampuhan doa ini telah diakui oleh ulama, dan hadis tentangnya telah dinyatakan shahih oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hibban dan Al-Hakim.
Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang membaca doa berikut ini, Allah akan menghilangkan deritanya dan menggatikannya dengan kebahagiaan:
بسم الله الرحمن الرحيم


اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ ، مَاضٍ فِي حُكْمِكَ، عَدْلٌ فِي قَضَاءِكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اِسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجَلاَءَ حُزْنِي وَذِهَابَ هَمِّي


Bismillâhir Rahmânir Rahîm
Allâhumma shalli 'alâ Muhammad wa âli Muhammad
Allâhumma innî `abduka wabnu `abdika wabnu amatika, nâshiyatî biyadika, madhin fi hukmika, `adlun fi qadhâika. As-aluka bikulli ismin huwa laka sammayta bihi nafsaka aw anzaltahu fî kitâbika aw `allamtahu ahadan min khalqika awista`tsarta bihi fî `ilmil ghaybi `indaka an taj`alal qur'âna rabî`a qalbî wa nûra shadrî wa jalâa huznî wa dzihâba hammî.
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ya Allah, aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, berlalu hukum-Mu dan adil ketentuan-Mu. Aku memohon pada-Mu dengan semua nama yang Kau namakan pada diri-Mu atau yang Kau turunkan dalam kitab-Mu atau yang kau ajarkan pada salah seorang dari makhluk-Mu atau yang Kau berikan pengaruhnya pada ilmu ghaib di sisi-Mu, jadikan Al-Qur'an keindahan kalbuku, cahaya hatiku, penyembuh dukaku dan penghapus deritaku. (Makarimul Akhlaq: 351)
Hadis ini diriwayatkan oleh Allamah Ath-Thabrasi juga oleh Imam Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim, mereka menyatakan shahih hadis ini

Tidak ada komentar:

TEMPAT PROMOSI (PROMOTION SPACE)

Photobucket
2. 8.