Selasa, Juni 09, 2009

DEPO or CAR DEPO

Saat ini beberapa tempat untuk menyimpan rangkaian Kereta Api Rel Listrik ( KRL) tersebar dibeberapa tempat seperti di Manggarai, Serpong, Jatinegara, Bogor. Manajemen untuk pemeriksaan, pemeliharaan dan perbaikan baik skala besar maupun kecil dilakukan di Depo. Operasi kereta api listrik (KRL) yang bersifat komuter harus diatur semaksimal antara masa pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian. Dampak dari ketiga unsur tersebut perlu selalu dijaga kesempurnaannya sehingga tidak mengakibatkan terhambatnya operasi KRL yang akan berpengaruh langsung terhadap aktifitas dan produktifitas masyarakat, yaitu terganggunya system transportasi secara keseluruhan di Jabodetabek. Khusus untuk Sarana, hal ini akan dapat dicapai jika pemeliharaan dan perbaikan KRL dapat dilaksanakan secara baik dan tepat waktu, dan yang perlu dilakukakan bagaimana tempat penyimpanan (stabling) KRL. Didalam Grafik perjalanan Kereta Api (GAPEKA) telah diatur jadual pemberangkatan dan kedatangan KA, untuk itu faktor kesiapan SARANA sangat penting untuk menunjang kesiapan operasi sesuai jadual.

Mengingat pentingnya unsur sarana dalam kesempurnaan operasi KRL, pemerintah telah membangun depo yang cukup luas "DIPO KRL" yang berada di dekat Stasiun Depok Lama, Lintas Bogor. Guna mendapatkan kepastian akan kesempurnaan Sarana maka "DIPO KRL DEPOK" mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut :

1). Tempat menyimpan rangkaian KRL ( Stabling Area)

2). Manajemen dari Masinis dan Pembantu Masinis KRL.

3). Pemeriksaan harian (Daily), Bulanan (Monthly) dan Tahunan (Yearly) untuk Sarana, sebagai pemeriksaan yang tidak terjadual (Inspection Shed).

4). Pembubutan roda KRL (Wheel Tread Reprofilling).

5). Pembersihan rangkaian ( Washing Table )

6). Penempatan dan Pemakaian KRL cadangan.

7). Perbaikan Berat (Unschedul Pit)

Didepo depok ini mencakup beberapa infrastruktur yang meliputi Bidang Sipil, Bangunan, Jalan Real, Listrik, Sinyal, Telekomunikasi dan Mekanikal.

Bidang Sipil meliputi :

a. Jembatan KA (Access Track Bridge)

b. Jembatan Penyebarangan (Over Bridge)

c. Gorong-gorong (Box Culvert dan Pipe Culvert)

d. Jalan Masuk dan Jalan Patroli (Access Road dan Patroll Road)

e. Jalan Umum (Public Road)

f. Sistem Drainage (Pipe Drain, Open Chanel, U-ditch dan Frence Drain).

g. Pagar (Concrete Fence) dan Pintu Gerbang (Main Gate)

Bangunan meliputi :

a. Gedung Administrasi, 3 Lantai (Administration Building)

b. Tempat Pencucian Kereta (Washing Table).

c. Bangunan Pemeliharaan Harian, Bulanan (Inspection Shed)

d. Bangunan Pemeliharaan Tahunan (Unschedule Pit yang berada didalam Inspection Shed)

e. Bangunan Bengkel perbaikan (Maintenance Staff Office).

f. Bangunan bubut roda ( wheel Traed Reprofilling Shed)

g. Bangunan Rumah Sinyal, 2 lantai ( Signal Cabin)

h. Bangunan Pos Gerbong (Gate House)

i. Bangunan Kantor Staf Pemeliharaan.

j. Gudang Penyimpanan Peralatan (Store House)

k. Bangunan pembakaran limbah (Incinerator)

l. Fasilitas Pengolahan Limbah Cair (Influent Treatment Facility)

m. Water Supply System seperti Deep Well, Reservoir, Menara Air dll.

n. Gardu Listrik (Substation)

o. Masjid, Kantin dan Garasi.

Jalan Rel meliputi :

a. 14 sepur emplasemen penyimpanan (stabling);

b. 11 sepur untuk inspeksi, pencucian

c. 43 Wesel

d. 2 Scissor Crossing

Listrik meliputi :

a. Gardu Listrik AC 6kV/20Kv

b. Sistim Listrik Aliran Atas.

c. Sistim Distribusi Daya dan Sistem Penerangan Luar.

Sinyal meliputi :

a. Interlocking PLC di Depo

b. Interlocking SSI di Stasiun Depok Lama

c. Sistem Interface.

Telekomunikasi meliputi :

a. Talkback System terdiri dari Slave Device dan Master Device

b. Speaker

c. Automatic Telephone (TOKA)

d. Public telephone

e. CFT ( Concentrade Functions Telephone)

f. Interphone

g. Electric Clock

h. Magneto Telephone

Mekanikal meliputi :

a. Fasilitas pemeliharaan rangkaian

b. Mesin-mesin dan instrumen bengkel untuk perbaikan.

c. Bubut roda

d. Water supply

e. Reservoir

f. Sistim distribusi air dan kebakaran.

g. Pembersihan Limbah dan air (treatment)

h. Pembakaran sampah (Incinerator)

i. Kendaraan.

Tidak ada komentar:

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...