Beberapa narasumber telah menyampaikan bahwa suatu saat Jakarta akan lumpuh. Apa yang lumpuh?, itu pertanyaan masyarakat awam yang kurang mengerti bahasa narasumber. Maksudnya adalah transportasi di Ibu kota Jakarta yang lambat laun akan lumpuh dikarenakan pertumbuhan kendaraan bermotor roda dua dan empat yang sangat pesat sehingga memungkinkan setiap orang untuk menggunakan moda transportasi tersebut untuk keperluan usaha, pekerjaan dll.
Berbagai usaha telah dilakukan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, mulai dengan Jalur 3-1 (bacanya: Tree in One), Busway, Monorail (Tertunda karena pendanaan), sampai dengan rencana membangun MRT ( Mass Rapid Transit) seperti di negara tetangga.
Telah diinformasikan Proyek MRT akan segera dimulai, dan memang Pemprov DKI telah menepati janjinya walaupun tertunda karena di luar kebijakannya untuk mempercepat pendanaannya. Melalui pendanaan dari JAPAN BANK OF INTERNATIONAL COORPORATION (JBIC) sekarang disebut JICA, proyek tersebut akhirnya dapat dimulai di akhir tahun 2009 untuk pembuatan Basic Design ( Disain dasar )dengan jalur Lebak Bulus sampai dengan Bunderan HI sepanjang 15,5 Kilometer dengan memiliki 7(tujuh) stasiun layang dan 6(enam) stasiun bawah tanah (Subway).
Masyarakat sangat antusias menyambutnya dengan syarat Harga Tiket yang kompetitif dan terjangkau serta pelayanan yang memuaskan. Masalah pelayanan yang sangat disorot seperti halnya dengan moda transportasi yang sudah ada seperti Kereta Api Komuter yang sering kali terlambat akibat terjadinya gangguan teknis, Busway yang sudah mulai disterilisasi akan tetapi dengan jumlah armada yang kurang pada akhirnya terjadinya penumpukan penumpang di tiap halte/terminal dan akhirnya keterlambatan ketempat tujuan akan terjadi.
jadi kapan MRT dapat digunakan?, ternyata masih lama juga MRT di Jakarta dapat beroperasi, sesuai dengan hitungan proyek sekitar tahun 2016. Masih lama juga ya?, apakah Jakarta sudah lumpuh?. Pemprov segera mengantisipasi masalah persebut dengan mempercepat proses basic desain dan dilanjutkan proses lelang konstruksi sehingga diharapkan sebelum tahun 2016 bisa segera beroperasi. Mengutif sumber berita Harian Kompas tanggal 14 Agustus 2010 "Penyusunan rencana teknis detail yang seharusnya selesai awal Januari 2011 dipercepat menjadi akhir Oktober 2010. Proses konstruksi juga akan dimulai dua bulan lebih awal, yaitu pada November 2011".
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.
Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...
-
Meja Pelayanan/Local Control Panel Dalam sistim persinyalan, yang telah diuraikan dalam posting sebelumnya, kita kenal istilah peralatan...
-
Untuk menggerakan lidah wesel sesuai dengan tujuan dan arah Kereta Api diperlukan peralatan penggerak, baik mekanik maupun listrik. Secara U...
-
Alhamdulillah berkat doa pembaca blog ini, penulis bisa melanjutkan bercerita dan berbagi pengetahuan, khususnya sesuai dengan bidang penge...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar