Syarat dan Metode Pelaksanaan
Pembongkaran dan Pemasangan Wesel / Track
Syarat dan metode pelaksanaan yang berlaku pada pembangunan di track yang sedang beroperasi harus dilakukan hal - hal yang menjamin keselamatan dan keamanan operasi KA dan para pekerja di lokasi; oleh sebab itu hal - hal yang terkait yang harus diperhatikan yaitu:
v Persiapan Adminitrasi
· Kontraktor pelaksanaan sebelum melaksanakan harus mengajukan permohonan ijin pelaksanaan ke owner, konsultan dan mendapatkan ijin pelaksanaan dari operator (PTKA).
· Permohonan disampaikan paling lambat 14 hari sebelum pelaksanaan dengan melampirkan metode kerja dan metode keselamatan.
· Permintaan izin pelaksanaan dimintakan dari owner ke operator.
· Operator mengizinkan, dengan diterbitkan telegram.
v Persiapan Teknis
Segala persiapan teknis dan material yang dibutuhkan dipersiapkan di lokasi sebelum pelaksanaan, yag perlu diperhatikan:
· Material yang disimpan agar aman dari perjalanan KA di luar ruang bebas, tidak mudah dipindahkan atau bergerak sendiri kena getaran KA.
· Peralatan agar siap dipakai dan telah dicoba dalam keadaan baik dengan jumlah dan kapasitas sesuai yang dibutuhkan.
· Semboyan - semboyan KA lengkap (2A, 2B, 2C, 3 siang/malam)
v Pelaksanaan Kerja
· Pelaksanaan kerja dilakukan pada waktu luang kerja (window time)
· Lokasi kerja harus aman, telah dilindungi dengan semboyan - semboyan yang berlaku, dengan pengawasan minimun 3 (tiga ) Train Wacher.
· Penerangan memadahi.
· Setiap kegiatan harus jelas tanggungjawab dan pembagian groupnya dengan tenaga yang cukup, sebelum mulai kerja diberikan breefing dengan memperhatian aspek K3.
· Komando kerja hanya satu orang dan metode kerja telah ditetapkan.
· Pengawasan pekerjaan ada, dari owner,konsultan dan operator harus lengkap sesuai spesipikasi pekerjaan.
· Mulai pekerjaan atas ijin waktu yang disesuaikan dan telah diizinkan oleh operator (berupa tertulis).
· Ada petugas yang mengawasi pada saat KA pertama melewati lokasi dan memperhatikan kelainan - kelainan yang mungkin terjadi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.
Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...
-
Meja Pelayanan/Local Control Panel Dalam sistim persinyalan, yang telah diuraikan dalam posting sebelumnya, kita kenal istilah peralatan...
-
Untuk menggerakan lidah wesel sesuai dengan tujuan dan arah Kereta Api diperlukan peralatan penggerak, baik mekanik maupun listrik. Secara U...
-
Alhamdulillah berkat doa pembaca blog ini, penulis bisa melanjutkan bercerita dan berbagi pengetahuan, khususnya sesuai dengan bidang penge...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar