Senin, April 13, 2009

Istilah Contra Flow Signal

Istilah Contra Flow Signal : Sinyal penunjuk pindah jalur kiri yang berfungsi memberikan petunjuk tentang perjalanan kereta api akan dilewatkan ke jalur kiri. Saat ini telah diaplikasikan di sektor kereta api di indonesia ( Indonesian railways) di lintas Jalur ganda antara Cikampek-Cirebon, Kutoarjo-Yogyakarta dan beberapa lintas antara Cikampek-Purwakarta, Ciganea-Sukatani, Cisomang-Plered.

istilah jalur yang digunakan di bidang kereta api sbb :

(1) Jalur kereta api adalah daerah yang meliputi daerah manfaat jalan kereta api, daerah milik jalan kereta api, dan daerah pengawasan jalan kereta api termasuk bagian bawahnya serta ruang bebas diatasnya, yang diperuntukkan bagi lalu lintas kereta api.
(2) Jalur ganda adalah dua jalur kereta api sejajar yang berada diantara dua stasiun, dan perjalanan kereta api baik melalui jalur kanan maupun jalur kiri dijamin oleh peralatan persinyalan.
(3) Jalur kembar adalah dua jalur kereta api sejajar yang berada diantara dua stasiun dan hanya perjalanan kereta api melalui jalur kanan yang dijamin oleh peralatan persinyalan.





Tidak ada komentar:

PEMBANGUNAN JALUR GANDA ANTARA STASIUN PURWOKERTO-STASIUN KROYA.

Revitalisasi pekeretaapian merupakan program yang dicanangkan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat...