Al Baqarah 269
Alloh memberikan Hikmat kebijaksanaan (ilmu yang berguna) kepada siapa yang dikehendakiNya dan siapa yang diberikan hikmat itu maka sesungguhnya dia telah diberikan kebaikan yang banyak. Dan tiadalah yang dapat mengambil pengajaran (dan peringatan) melainkan orang-orang yang menggunakan akal fikirannya.

Hadist Nabi :

Pergunakanlah kesempatan lima (perkara) sebelum (datangnya) lima (perkara):

1. Waktu hidupmu sebelum matimu,

2. Waktu sehatmu sebelum sakitmu,

3. Waktu luangmu sebelum sibukmu,

4. Waktu mudamu sebelum tuamu dan

5. Waktu kayamu sebelum kefakiranmu.


Senin, Juni 29, 2009

TENDER KERETA API BANDARA SOEKARNO HATTA

TIGA INVESTOR IKUTI TENDER KERETA API BANDARA SOEKARNO-HATTA
puskompublik,29/06/2009
image001

image002

(Jakarta, 29/06/09) Tiga investor akhirnya memastikan ikut proses tender ketiga proyek kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Kepastian terdapat tiga investor yang mengikuti tender konsesi ini diperoleh setelah China Harbour Indonesia mendaftarkan diri menjadi peserta ketiga. Dua peserta lainnya yang sudah terlebih dahulu masuk sebagai peserta tender adalah PT Railink (Indonesia) dan Mitsui (Jepang).
Investor asal Cina itu memasukkan formulir lelang pada 22 Juni lalu, yang merupakan tenggat akhir pendaftaran kepesertaan tender. Dari hasil verifikasi dokumen kepesertaan, China Harbour Indonesia dinyatakan lolos untuk mengikuti tender.

Menteri Jusman menyatakan, masuknya China Harbour telah menjadi pelengkap syarat kepesertaan minimum pelaksanaan tender yaitu tiga peserta. Dengan berjalannya proses tender ketiga ini praktis mengecilkan kemungkinan proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan diambil pemerintah.

Menhub saat dijumpai di kantornya Senin 29/06/09 menyatakan optimis, bahwa pelaksanaan tender yang sempat diulang sampai tiga kali karena tidak memenuhi syarat kepesertaan minimum ini, bakal berjalan dengan baik. Dari ketiga investor, jelasnya, pemerintah akan mencari penawaran yang terbaik dan memberikan manfaat terbesar bagi Indonesia.

Apalagi, masing-masing peserta tender memiliki karakteristik penawaran yang berbeda-beda. "Karakter itulah yang akan kami nilai," tegas Menhub. Sebelumnya, pemerintah pernah mengisyaratkan akan mengambil alih proyek pembangunan jalur kereta api Bandara Soekarno-Hatta jika penawaran pada tender ketiga gagal. Pasalnya, pada 2 kali tender sebelumnya hanya satu perusahaan yang mengembalikan berkas tender sehingga tidak memenuhi syarat kepesertaan minimum pelaksanaan tender.

Pemerintah telah pula membahas kemungkinan pengambilalihan proyek yang seharusnya sudah berjalan pada tahun 2009 tersebut, melalui pembicaraan lintas departemen antara Departemen Perhubungan dan Departemen Keuangan. Pembahasan juga terkait dengan penunjukan langsung investor untuk mengelola kereta bandara.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Tundjung Inderawan, saat itu menegaskan bahwa keputusan kelanjutan proyek kereta bandara harus menunggu sampai proses tender ketiga rampung, sehingga, status legal proyek harus jelas dan pasti terlebih dahulu jika akhirnya harus diputuskan diambil alih pemerintah.

Awalnya, proyek kereta bandara Soekarno-Hatta ini, diminati oleh empat investor lokal dan tiga asing. Investor asing itu antara lain Alstom (Prancis), Sumitomo (Jepang), dan Mitsui (Jepang).
Dalam perjalanannya, sebagian investor menarik diri dalam proyek yang rencananya memiliki jalur rel sepanjang 28 kilometer tersebut. Pembangunan jalan tol menuju bandara nampaknya salah satu sebab yang membuat investor khawatir jumlah penumpang kereta api menuju bandara akan sedikit.

Kereta api Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki nilai investasi sekitar Rp 7 triliun. Namun, karena sebagian jalurnya akan menggunakan rel milik PT Kereta Api Indonesia, sehingga biayanya bakal berkurang menjadi Rp 2,2 triliun. (DIP)

Sumber : Web-Dephub

Minggu, Juni 21, 2009

SEJARAH LOKOMOTIF DI INDONESIA

Sejarah Lokomotif di Indonesia

Summary by:HayanMahdi
Lokomotif dengan penggerak mesin uap sudah mulai dipakai untuk menarik rangkaian kereta atau gerbong sejak dibukanya jalur jalan rel yang pertama di Indonesia, yaitu di Smarang antara Kemijen ke Tanggung pada tahun 1867 sepanjang 26 km.Lokomotif yang digunakan adalah lokomotif uap seri B1, yaitu lokomotif yang mempunyai 2 gandar roda penggerak dan 1 gandar roda pengantar (idle)dan mempunyai tender bergandar 3.



Selanjutnya berbagai jenis lokomotif uap yg didatangkan dari Eropa terutama dari Jerman, Belanda, juga dari Amerika, beroperasi di berbagai perusahaan kereta api baik perusahaan swasta seperti NIS (Nederlandsch Indische Spoorwegen) atau perusahaan pemerintah yaitu SS (Staats Spoorwegen). lokomotif-lokomotif tersebut mempunyai daya sampai 1850 PK, misalnya lokomotif uap terbear di Indonesia yaitu lokomotif tipe Mallet. seri DD 52.



Lokomotif dengan tenaga listrik juga mulai diperkenalkan sejak dibangun jaringan listrik antara Jakarta-Bogor tahun 1925.Lokomotif yang dipergunakan adalah lokomotif listrik dengan susunan roda 1B+B1 denga daya 1570 PK buatan AEG (Allgemaine Electricitats Gesellschaft) Jerman.Sedangkan tipe yang lain adalah 1 A-AA-A1 dengan daya 1500 PK, buatan Brown Boveri &Co, Swiss.



Pada tahun 1950-1951 pemerintah mengadakan modernisasi armada lokomotif DKA saat itu dengan mendatangkan 100 lokomotif uap modern buatan Krupp (Jerman) yaitu seri D 52 dengan daya 1600 PK dan 27 lokomotif diesel buatan GE-ALCO (Amerika Serikat).Lokomotif diesel pertama Indonesia ini mulai berdatangan dan beroperasi pada tahun 1953 dan oleh DKA diberi nomer seri CC 200.Lokomotif dengan bobot 96 ton ini berkekuatan 1600 HP dan dirancang untuk bisa melalui semua jalur utama pulau jawa.



Pada tahun-tahun berikutnya pemerintah tidak memesan lokomotif uap lagi dan mendatangkan lokomotif diesel seri BB 200 buatan General motors (Amerika Serikat) pada tahun 1957 dan pada tahun 1959 didatangkan lokomotif BB 300 dari Krupp (Jerman)



Sedangkan di Sumatra, khususnya untuk lintas jalan rel bergigi di Sumatera Barat terakhir dibeli lokomotif uap pada tahun 1966 yaitu type E 10.Baru pada tahun 1976 mulai dibeli lokomotif diesel seri bb 204 dari Swiss untuk menggantikan lok uap.



Demikian selanjutnya armada lokomotif diesel semakin bertambah untuk menggantikan lokomotif uap.Baru sekitar tahun 1980 armada lokomotif uap sudah tidak beroperasi lagi, kecuali lokomotif bergigi di museum KA Ambarawa.Sampai dengan tahun 2008 lokomotif terakhir yang dibeli oleh PT.Kereta Api (persero) adalah lokomotif CC 204 buatan PT.GE Lokindo untuk lintas Jawa dan lokomotif CC 202 dari EMD General Motor Kanada

Sejarah Lokomotif di Indonesia Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/dictionary/1882800-sejarah-lokomotif-di-indonesia/

Jumat, Juni 19, 2009

PT JAYA CM

image001

Komplek Bintaro Jaya, Taman Perkantoran Blok B
Jalan Bintaro Utama I - Jakarta Selatan - 12330
Telepon : +62-21-7340254 (Direct)
+62-21-7340260 (Hunting)
+62-21-7363939 (Hunting)
Fax : +62-21-7363962
Email : jcmjkt@jayacm.co.id




PT JAYA CM
Incorporated on September 3, 1961, as PT PEMBANGUNAN JAYA in Jakarta, Indonesia and then, set up as a subsidiary company on March 1, 1983 named PT JAYA CM located in Jakarta, Republic of Indonesia.

PT JAYA CM as Engineers & Consulting Engineers, established in 1983 in Jakarta, Indonesia, as a continuation of the Consulting Engineering’s Division of PT PEMBANGUNAN JAYA as the parent company established in 1961. PT JAYA CM is one of the subsidiaries Company of PEMBANGUNAN JAYA GROUP, one of the biggest Companies in Indonesia.
Formally, this Division was designated to undertake the Engineers & Consulting Engineers Services for PT PEMBANGUNAN JAYA’s internal projects only i.e. the projects craated, developed and built by PT PEMBANGUNAN JAYA itself created.

Since many Clients from outside of PT PEMBANGUNAN JAYA requested the services based on our wide range of experiences, the management and the Board of experiences, the management and the Board of Trustess of PT PEMBANGUNAN JAYA, decided that a specialized company in Engineers & Consulting Engineers should have to be established named PT JAYA CM where this company is solidly based on the experience of the parent company PT PEMBANGUNAN JAYA which has enjoyed an excellent reputation in Indonesia ever since.
This establishment also guarantees the independent and impartiality of the consultancy services, to enhance the professionalism and to accelerate the creation of a solid distinguished natinal consulting engineering company, services for Power Plant, Transportation, Industry, Special High-Rise Building and Other Large Scale Project.

The Company has commited itself to master the know-how project and technology necessary for the industrialization and development of Indonesia, especially in the field of Engineers & Consulting Engineers services.


ENGINEERS AND CONSULTING ENGINEERS
  • Project Management
  • Construction Management
  • Site Supervision
  • Quantity Surveying
  • Design & Engineering
  • Study
  • EPCM

Rabu, Juni 17, 2009

CARA MENGHILANGKAN MASALAH STRESS

Doa untuk Menghilangkan Stress


Dalam kehidupan ini manusia tak terlepas dari suka dan duka, sedih dan bahagia. Kondisi ini pasti dihadapi dan dialami oleh setiap manusia. Hanya saja ada yang mampu menghadapinya, ada juga yang tak sanggup memikul bebannya.Semestinya setiap manusia mampu memikul semua beban derita karena Allah swt tak pernah menghadapkan manusia pada suatu ujian seberat apapun kecuali disesuaikan oleh kemampuannya.
Allah swt dengan sifat adil dan bijaksana-Nya telah mengkaruniakan tiga potensi pada semua manusia. Hanya saja ada yang mengaktualkannya secara seimbang, ada juga yang belum mampu mengaktualkan secara seimbang. Mereka inilah yang akan mengalami penderitaan hati dan kehilangan keseimbangan hidup. Yang akhirnya berakibat pada stres dan gangguan kejiwaan.
Karena itu kita sangat dianjurkan untuk memiliki senjata yang ampuh untuk menghadapi penderitaan. Khususnya bagi yang keseringan menghadapi beban penderitaan. Doa merupakan senjata yang paling ampuh untuk menghilangkan segala beban derita.
Rasulullah saw pernah mengajarkan kepada kita doa yang dapat menghilangkan derita, duka, bahkan doa ini dapat mencerahkan hati dan mencerdaskan pikiran. Keampuhan doa ini telah diakui oleh ulama, dan hadis tentangnya telah dinyatakan shahih oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hibban dan Al-Hakim.
Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang membaca doa berikut ini, Allah akan menghilangkan deritanya dan menggatikannya dengan kebahagiaan:
بسم الله الرحمن الرحيم


اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ ، مَاضٍ فِي حُكْمِكَ، عَدْلٌ فِي قَضَاءِكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اِسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجَلاَءَ حُزْنِي وَذِهَابَ هَمِّي


Bismillâhir Rahmânir Rahîm
Allâhumma shalli 'alâ Muhammad wa âli Muhammad
Allâhumma innî `abduka wabnu `abdika wabnu amatika, nâshiyatî biyadika, madhin fi hukmika, `adlun fi qadhâika. As-aluka bikulli ismin huwa laka sammayta bihi nafsaka aw anzaltahu fî kitâbika aw `allamtahu ahadan min khalqika awista`tsarta bihi fî `ilmil ghaybi `indaka an taj`alal qur'âna rabî`a qalbî wa nûra shadrî wa jalâa huznî wa dzihâba hammî.
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ya Allah, aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, berlalu hukum-Mu dan adil ketentuan-Mu. Aku memohon pada-Mu dengan semua nama yang Kau namakan pada diri-Mu atau yang Kau turunkan dalam kitab-Mu atau yang kau ajarkan pada salah seorang dari makhluk-Mu atau yang Kau berikan pengaruhnya pada ilmu ghaib di sisi-Mu, jadikan Al-Qur'an keindahan kalbuku, cahaya hatiku, penyembuh dukaku dan penghapus deritaku. (Makarimul Akhlaq: 351)
Hadis ini diriwayatkan oleh Allamah Ath-Thabrasi juga oleh Imam Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim, mereka menyatakan shahih hadis ini

VERTIGO

VERTIGO

image001 Pernahkah anda naik gondola ? Bagaimana rasanya melayang dielevasi puluhan meter diudara dan menikmati sky view nyaris 90 derajat kebawah ?


Sky view adalah nilai tambah bangunan bertingkat, itulah kenapa apartment termahal ( penthouse ) selalu ditempatkan dilantai paling atas. Saat ini sky view horisontal dianggap belum cukup, timbul keinginan lain sky view 3 dimensi - selain depan belakang bisa juga melihat keatas & kebawah. Mirip pandangan yg hanya bisa dinikmati para penerjun / penerbang / pekerja gondola dengan lantai tembus pandang.


image002Saat ini sedang dipasang sky deck di Sears Tower Chicago. Bangunan tertinggi sedunia 1974 tinggi 442 m - 102 lantai ini, dipasangi kubus kaca setinggi 3m - lebar 4,2m dan tebal 1,2m pd puncak lantainya. Ini adalah dimensi kubus kaca yg nongol dari garis terluar curtain wall Sears Tower, dijepit diantara dua kolom vertikal. Namun dengan pertimbangan perawatan gedung, kubus kaca dilengkapi oscillator yg mampu mendorong keluar atau menarik kembali kubus rata curtain wall. Kubus kaca dirancang mampu menahan beban 5000 pounds ( 2268 kg - setara 32 orang ) dan tekanan angin 125 lb per sq feet. Kaca pd bagian lantai dan dinding dilapisi laminating film setebal 7 mm, untuk alasan safety. Tidak ada penjelasan sambungan sudut kaca dilakukan, cuma pastinya tidak cuma disealant seperti biasa kita lakukan disini. Tetapi tidak perlu kuatir, karena kubus kaca dalam full scale sudah lulus percobaan dengan beban 250%. Hingga jika bulan depan selesai, kubus siap menampung para penikmat sky view 3 dimensi dari lantai 102 Sears Tower - kecuali bagi yg vertigo. Mau ?


( disarikan dari ENR edisi 18 Mei 2009 )

BAGAIMANA ADAB MENDENGAR AZAN

Kematian itu pasti menjelma. Hanya masa Dan waktunya
Yang tidak Kita ketahui.Coba Kita amati.. Mengapa
Kebanyakan orang yg nazak, hampir ajal tidak dapat
Berkata apa-apa.. Lidahnya kelu, keras Dan hanya mimik
Mukanya yang menahan kesakitan ' sakaratulmaut' .
Diriwayatkan sebuah hadis yg bermaksud: 'Hendaklah
Kamu mendiamkan diri ketika azan, jika tidak Allah
Akan kelukan lidahnya ketika maut menghampirinya. '
Ini jelas menunjukkan, Kita disarankan agar mendiamkan
Diri, jangan berkata apa-apa pun sewaktu azan
Berkumandang . Sebagai orang beragama Islam Kita wajib
Menghormati azan Banyak fadhilatnya . Jika lagu
Kebangsaan Kita diajar agar berdiri tegak Dan diamkan Diri.


Mengapa ketika azan Kita tidak boleh mendiamkan diri?
Lantas siapa yang berbicara ketika azan, Allah
Akan kelukan lidahnya ketika nazak . Kita takut dengan
Kelunya lidah Kita semasa ajal hampir tiba maka Kita
Tidak dapat mengucap kalimah 'Lailahaillallah. .' yang
Mana sesiapa yang dapat mengucapkan kalimah ini ketika
Nyawanya akan dicabut Allah dgn izinNya menjanjikan
Syurga untuk mereka. Dari itu marilah kita sama-sama
menghormati azan dan. mohon kepada Allah supaya lidah
ini tidak kelu semasa nyawa kita sedang dicabut.
'Ya Allah! Anugerahkanlah kematian kami dengan kematian
yang baik lagi mulia, lancarkan lidah kami mengucap kalimah 'Lailahaillallah. .'
semasa sakaratul maut menghampiri kami... Amin... amin.. amin Yarobbala'lamin. .'


Sesuatu yang tak pernah terjangkau di akal fikiran ku ini.
Subhanallah. ..
Ketahuilah bahawa pada setiap waktu, ribuan bilal di merata dunia akan mengalunkan azan,
mengakui 'Bahawa Allah Saja Yang Patut Disembah,
dan Nabi Muhammad Adalah Rasul Allah.'Diawali dengan Indonesia yang terletak dibahagian timur dengan ratusan kepulauan-nya dan jumlah
penduduknya sebanyak 180 juta.
Sebaik masuk waktu Subuh, Azan mulai berkumandang dari kawasan ini dengan ribuan Bilal yang akan melaungkan
Ke-Agungan Allah S..W.T Dan Nabi Muhammad S.A.W.
Proses ini akan bergerak kearah barat kepulauan Indonesia .
Perbedaan waktu antara timur dan barat Indonesia adalah 1-1/2 jam.Belum alunan
Azan merata Indonesia selesai, dimulai pula di Malaysia .
Berikutnya di-Burma dan dalam waktu satu jam selepas Azan dialunkan di-Jakarta,
tiba giliran Dacca di Bangladesh.
Berikutnya alunanannya akan kedengaran di Calcutta dan terus ke Srinagar dibarat India .
Perbedaan waktu dikota-kota Pakistan adalah 40 menit jadi dalam jangka waktu ini,
Azan akan berkumandang diseluruh Pakistan.Belum berakhir
di-Pakistan,

Azan akan bermula pula di Afghanistan dan Muscat.Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam.
Dalam jangka waktu
ini, Azan akan berterusan dilaungkan di UAE, Makkah, Madinah, Yaman , Kuwait dan Iraq .
Proses ini berterusan setiap detik sehingga ke pantai timur Atlantik.
Jarak masa Azan mula dialunkankan di Indonesia sehingga ke pantai timur Atlantik
adalah 9-1/2 jam.Belumpun Azan Subuh berkumandang di pantai Timur Atlantik, Azan Zuhur kini sudah mula dilaungkan di Indonesia.
Ini berterusan
bagi setiap waktu sembahyang, tidak putus-putus.
Subhanallah, begitu hebat dan agungnya Islam!

Kalaulah setiap kawasan boleh memasang pengeras suara, akan bergetar satu dunia dengan alunan Azan yang tidak putus-putus.
Allahu Akhbar!

Kita boleh mengirimkan ribuan 'jokes' dan ' surat berantai' melalui
e-mail tetapi bila mengirimkan yang berkaitan dengan ibadah seringkali
berfikir 2 atau 3 kali......FIKIRKAN LAH, tepuk dadamu tanya imanmu.

KADERISASI

Rasanya tak berlebihan kalau dikatakan, salah satu kesuksesan kepemimpinan tergantung pada keberhasilan melakukan kaderisasi. Karena itu, kaderisasi lalu menjadi amat penting bagi kelangsungan proses kepemimpinan. Ia memiliki makna mempersiapkan, menawarkan gagasan, dan mengajak orang lain untuk menjadi seperti yang kita inginkan.

Kaderisasi umat secara umum diartikan sebagai usaha mempersiapkan calon-calon pemimpin hari esok yang tangguh dalam mempertahankan dan mengembangkan identitas khairu ummah, umat terbaik. Ini sesuai dengan seruan Allah dalam surah Ali Imran 110.

Secara khusus kaderisasi itu bermakna mempersiapkan kader-kader thaifah mutafaqqih fiddin, sekelompok umat yang mengerti agamanya yang sekaligus memiliki jiwa agama. Mereka mengemban misi indzarul qaum, memberi peringatan dan membina umat (surah at-Taubah 123).

Memperhatikan realitas yang ada, secara garis besar para kader umat dapat dibagi menjadi dua. Pertama, ulama (baca: ilmuwan, pemikir, intelektual, penulis, pengamat sosial, dan lain-lain). Kedua, praktisi (baca: pemuka masyarakat, pekerja sosial, pemimpin lembaga-lembaga pendidikan, politik, sosial, ekonomi, dan seterusnya).

Kelompok pertama melakukan pembinaan umat pada umumnya melalui penyajian konsepsi atau hal-hal yang bersifat teoritis daripada hal-hal yang bersifat praktek di lapangan. Sedang kelompok kedua, melakukan tugas-tugas praktek di lapangan yang menyentuh langsung kepentingan umat. Mereka terjun langsung membimbing dan mengarahkan umat.

Dalam menjalankan tugasnya mereka hendaknya berpedoman kepada kepemimpinan Rasulullah sebagaimana termaktub dalam surah at-Taubah 120, yaitu: merakyat, rendah hati, tawadluk; memiliki kepekaan sosial, kepedulian terhadap masalah-masalah umat dan cepat tanggap terhadap segala penderitaan mereka ('azizun 'alaihi ma 'anittum); memiliki wawasan yang luas, tidak mudah puas dengan hasil yang dicapai (harisun 'alaikum); memiliki solidaritas yang tinggi, lemah lembut dan kasih sayang kepada umat (bil mukminiina roufurrahim).

Sebagai kelompok yang di tangannya tergantung keberhasilan kaderisasi umat, maka mereka harus mampu menciptakan iklim kondusif bagi terlaksananya kaderisasi dengan baik; pemantauan terhadap bibit-bibit unggul; dan menanamkan rasa percaya diri dan tanggungjawab yang besar. Dari sinilah barangkali suksesi dan kaderisasi umat dapat diukur.

Bagaimana dengan kaderisasi di tingkat perusahaan?
Sangat penting juga kaderisasi di perusahaan, bagaimana perusahaan akan tetap kuat kalau kaderisasi tidak berjalan dengan baik. Seorang pimpinan yang berfikir sesaat hanya memikirkan kepentingan pribadi sehingga tidak berani membuat suatu kaderisasi, ada satu kekhawatiran orang yang dikaderisasi akan melampauinya. Akan tetapi seorang pemimpin yang berfikir perusahaan, akan membuat kaderisasi sebanyak mungkin, mereka tidak mempunyai rasa khawatir akan disingkirkan, karena yang dia harapkan adalah ilmu yang bermanfaat.

Bagaimana Caranya?
Cara-cara kaderisasi telah umum disampaikan dalam seminar2, training dan sebagainya.
Salahsatunya :
Berikan apa yang kita punyai untuk disampaikan segera, berbagi pengalaman, ilmu dan narasumber. Lakukan inhouse training sebanyak mungkin, kalau perlu external training melalui lembaga2 yang kompeten

Kapan dimulainya?
Now!!!! tidak ada kata terlambat.

CARA ADAB MENDENGAR AZAN

Kematian itu pasti menjelma. Hanya masa Dan waktunya
Yang tidak Kita ketahui.Coba Kita amati.. Mengapa
Kebanyakan orang yg nazak, hampir ajal tidak dapat
Berkata apa-apa.. Lidahnya kelu, keras Dan hanya mimik
Mukanya yang menahan kesakitan ' sakaratulmaut' .
Diriwayatkan sebuah hadis yg bermaksud: 'Hendaklah
Kamu mendiamkan diri ketika azan, jika tidak Allah
Akan kelukan lidahnya ketika maut menghampirinya. '
Ini jelas menunjukkan, Kita disarankan agar mendiamkan
Diri, jangan berkata apa-apa pun sewaktu azan
Berkumandang . Sebagai orang beragama Islam Kita wajib
Menghormati azan Banyak fadhilatnya . Jika lagu
Kebangsaan Kita diajar agar berdiri tegak Dan diamkan Diri.


Mengapa ketika azan Kita tidak boleh mendiamkan diri?
Lantas siapa yang berbicara ketika azan, Allah
Akan kelukan lidahnya ketika nazak . Kita takut dengan
Kelunya lidah Kita semasa ajal hampir tiba maka Kita
Tidak dapat mengucap kalimah 'Lailahaillallah. .' yang
Mana sesiapa yang dapat mengucapkan kalimah ini ketika
Nyawanya akan dicabut Allah dgn izinNya menjanjikan
Syurga untuk mereka. Dari itu marilah kita sama-sama
menghormati azan dan. mohon kepada Allah supaya lidah
ini tidak kelu semasa nyawa kita sedang dicabut.
'Ya Allah! Anugerahkanlah kematian kami dengan kematian
yang baik lagi mulia, lancarkan lidah kami mengucap kalimah 'Lailahaillallah. .'
semasa sakaratul maut menghampiri kami... Amin... amin.. amin Yarobbala'lamin. .'


Sesuatu yang tak pernah terjangkau di akal fikiran ku ini.
Subhanallah. ..
Ketahuilah bahawa pada setiap waktu, ribuan bilal di merata dunia akan mengalunkan azan,
mengakui 'Bahawa Allah Saja Yang Patut Disembah,
dan Nabi Muhammad Adalah Rasul Allah.'Diawali dengan Indonesia yang terletak dibahagian timur dengan ratusan kepulauan-nya dan jumlah
penduduknya sebanyak 180 juta.
Sebaik masuk waktu Subuh, Azan mulai berkumandang dari kawasan ini dengan ribuan Bilal yang akan melaungkan
Ke-Agungan Allah S..W.T Dan Nabi Muhammad S.A.W.
Proses ini akan bergerak kearah barat kepulauan Indonesia .
Perbedaan waktu antara timur dan barat Indonesia adalah 1-1/2 jam.Belum alunan
Azan merata Indonesia selesai, dimulai pula di Malaysia .
Berikutnya di-Burma dan dalam waktu satu jam selepas Azan dialunkan di-Jakarta,
tiba giliran Dacca di Bangladesh.
Berikutnya alunanannya akan kedengaran di Calcutta dan terus ke Srinagar dibarat India .
Perbedaan waktu dikota-kota Pakistan adalah 40 menit jadi dalam jangka waktu ini,
Azan akan berkumandang diseluruh Pakistan.Belum berakhir
di-Pakistan,

Azan akan bermula pula di Afghanistan dan Muscat.Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam.
Dalam jangka waktu
ini, Azan akan berterusan dilaungkan di UAE, Makkah, Madinah, Yaman , Kuwait dan Iraq .
Proses ini berterusan setiap detik sehingga ke pantai timur Atlantik.
Jarak masa Azan mula dialunkankan di Indonesia sehingga ke pantai timur Atlantik
adalah 9-1/2 jam.Belumpun Azan Subuh berkumandang di pantai Timur Atlantik, Azan Zuhur kini sudah mula dilaungkan di Indonesia.
Ini berterusan
bagi setiap waktu sembahyang, tidak putus-putus.
Subhanallah, begitu hebat dan agungnya Islam!

Kalaulah setiap kawasan boleh memasang pengeras suara, akan bergetar satu dunia dengan alunan Azan yang tidak putus-putus.
Allahu Akhbar!

Kita boleh mengirimkan ribuan 'jokes' dan ' surat berantai' melalui
e-mail tetapi bila mengirimkan yang berkaitan dengan ibadah seringkali
berfikir 2 atau 3 kali......FIKIRKAN LAH, tepuk dadamu tanya imanmu.

Selasa, Juni 16, 2009

BAGAIMANA ALUR PENGHAPUSAN TANDA BINTANG

image001

BAGAIMANA PENGHAPUSAN TANDA BINTANG

Pemblokiran
a. Pengertian Pemblokiran.
Pemblokiran adalah suatu tindakan yang diambil oleh petugas penelaah dengan
maksud seluruh atau sebagian alokasi anggaran dalam SAPSK/DIPA tidak dapat
dicairkan, karena pada saat penelaahan belum memenuhi satu atau lebih
persyaratan alokasi anggaran. Tindakan pemblokiran tersebut dilakukan dengan
memberikan Tanda Bintang (*) pada rincian anggaran yang diblokir.
b. Alasan Pemblokiran
1) Kegiatan yang dibiayai oleh Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN) maupun
Pinjaman Dalam Negeri (PDN) yang belum diterbitkan Naskah Perjanjian
Pinjaman Hibah Luar Negeri (NPPHLN) atau Naskah Perjanjian Pinjaman
Dalam Negeri (NPPDN)-nya. Kegiatan-kegiatan yang dananya dari PHLN
mapun PDN dan sudah disetujui sumber dan besaran alokasinya dalam APBN
namun naskah perjanjiannya masih dalam proses penyelesaian, baik dana yang
bersumber dari PHLN maupun dana pendampingnya atau PDN dapat
ditampung dalam RKA-KL namun diberi tanda bintang (diblokir) sampai
NPPHLN/NPPDN ditandatangani dan telah dilengkapi nomor register.
Untuk kegiatan yang akan dibiayai oleh Kredit Komersial/Kredit Ekspor, porsi
uang muka dan porsi PHLN akan diblokir. Uang muka dan porsi PHLN
tersebut dapat dicairkan apabila kontrak pengadaan barang dan kontrak
pengadaan PHLN telah ditandatangani dan telah memperoleh nomor register.
Pencabutan tanda bintang dilakukan secara paralel, baik untuk porsi uang
muka maupun porsi PHLN. (ini akan menjadi bagian dari proses alokasi
anggaran)
2) Kegiatan yang belum dilengkapi data pendukung. Kegiatan yang perhitungan
anggarannya belum ditetapkan standar biayanya dan/atau tidak dilengkapi
dengan TOR/RAB dan data pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan
untuk sementara diblokir sampai dipenuhinya TOR/RAB dan data pendukung
lainnya dimaksud. Data pendukung lainnya termasuk data pegawai per satker
hasil validasi melalui Aplikasi Belanja Pegawai yang dipergunakan sebagai
dasar penghitungan anggaran pada kegiatan 0001.
3) Dalam hal satker belum dapat memenuhi data pegawai sebagaimana
dimaksud pada angka 2) di atas, maka anggaran untuk keperluan sehari-hari perkantoran, penggantian inventaris lama dan atau pembelian inventaris
untuk pegawai baru, dan pemeliharaan inventaris kantor per pegawai pada
kegiatan 0002, diblokir sebesar 70% (dari hasil penghitungan jumlah pegawai
satker dikalikan standar biaya umum).
4) Anggaran untuk satker baru. Kegiatan yang menampung alokasi anggaran
untuk keperluan biaya operasional satker baru yang belum mendapat
persetujuan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN),
untuk sementara diblokir (dibintang) dan pencairannya dapat dilakukan
setelah data pendukung dilengkapi atau setelah ada surat persetujuan dari
Meneg PAN.
5) Sisa dana yang belum ditetapkan penggunaannya yang berasal dari hasil
penelaahan berdasarkan pagu definitif.
c. Pembukaan tanda blokir
Pembukaan tanda blokir mengikuti ketentuan dalam peraturan Menteri Keuangan
tentang Tata Cara Perubahan Rincian Anggaran Belanja Pemerintah Pusat dan
Perubahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran yang berlaku.

Flow Chart ada di saya!!

BAGAIMANA STRUKTUR ORGANISASI SATUAN KERJA





Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) / Authorized Budget User of Working Unit adalah Pejabat yang ditunjuk oleh Pengguna Anggaran untuk menggunakan anggaran Kementrian/Lembaga/Satuan Kerja;

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) / Commitment Officer of Working Unit adalah Pejabat yang diangkat oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran/... sebagai pemilik pekerjaan, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Panitian Pengadaan / Procurement Committee adalah Tim yang diangkat oleh pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran/.... untuk melaksanakan pemilihan penyedia barang/jasa.

Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DIPA). DIPA merupakan suatu daftar isian yang memuat
uraian: sasaran yang hendak dicapai, fungsi, program dan rincian kegiatan, rencana penarikan dana tiap-tiap bulan dalam satu tahun serta pendapatan yang diperkirakan oleh kementerian/lembaga.
DIPA yang lengkap memuat uraian fungsi/sub fungsi, program, sasaran program, rincian kegiatan/sub kegiatan, jenis belanja, kelompok mata anggaran keluaran dan rencana penarikan dana serta perkiraan penerimaan kementerian negara/lembaga.

Kamis, Juni 11, 2009

RANGKAIAN SINYAL MEKANIK ( MECHANICAL SIGNAL)

Bagaimana Pola operasi kereta api, dengan menggunakan rangkaian sinyal mekanik?.


Sinyal Mekanik :


- Sinyal Berangkat / Starting Signal (lengan satu)


- Sinyal Masuk / Home Signal (lengan dua)


- Sinyal Muka / Distant Signal (lengan satu)


-Sinyal Blok / Block Signal (lengan satu)

image001

SIAPAKAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH?

Sungguh sayang sungguh malang, umat Islam di masa ini bak buih di lautan, banyak jumlahnya namun tercerai-berai. Heran bukan kepalang melihat fenomena ini, kita semua tahu bahwa Islam yang dibawa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam hanya 1 macam, sebagaimana firman Allah Ta’ala yang artinya: “Sesungguhnya kalian adalah umat yang satu dan Aku adalah Rabb kalian, maka beribadahlah kepada-Ku” [Al-Anbiyaa : 92].
Namun mengapa hari ini Islam menjadi bermacam-macam? Aneh bukan?

Ternyata Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sedari dulu telah memperingatkan hal ini:
“Telah berpecah kaum Yahudi menjadi tujuh puluh satu golongan ; dan telah berpecah kaum Nashara menjadi tujuh puluh dua golongan; sedang umatku akan berpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya akan masuk neraka kecuali satu. Maka kami-pun bertanya, siapakah yang satu itu ya Rasulullah? ; Beliau menjawab: yaitu orang-orang yang berada pada jalanku dan jalannya para sahabatku di hari ini” [HR. Tirmidzi].

Namun lihatlah, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengabarkan bahwa ada 1 golongan yang selamat dari perpecahan yaitu orang-orang yang beragama dengan menempuh jalan Islam sebagaimana jalan Islam yang ditempuh oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya pada masa itu.
Dari sinilah muncul istilah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah istilah yang dilekatkan dengan sifat-sifat golongan yang selamat yang disebutkan dalam hadist di atas. Maka tak pelak lagi, istilah Ahlus Sunnah pun menjadi rebutan. Bahkan orang-orang yang menempuh jalan yang salah pun mengaku Ahlus Sunnah. Sehingga masyarakat awam yang sedikit menyentuh ilmu agama pun dibuat bingung karenanya, dan rancu dibuatnya, tentang siapakah sebenarnya Ahlus Sunnah itu?

Makna Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Kata “Ahlussunnah” terdiri dari dua suku kata yaitu ’ahlu’ yang berarti keluarga, pemilik, pelaku atau seorang yang menguasai suatu permasalahan, dan kata ’sunnah’. Namun bukanlah yang dimaksud di sini sunnah dalam ilmu fiqih, yaitu perbuatan yang mendapat pahala jika dilakukan, dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Akan tetapi sunnah adalah apa yang datang dari Nabi baik berupa syariat, agama, petunjuk yang lahir maupun yang bathin, kemudian dilakukan oleh sahabat, tabiin dan pengikutnya sampai hari Kiamat. Dengan demikian definisi Ahlus Sunnah adalah mereka yang mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan sunnah para shahabatnya. Sehingga Imam Ibnul Jauzi berkata,” Tidak diragukan bahwa orang yang mengikuti atsar (sunnah) Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya adalah Ahlus Sunnah” (Lihat Talbisul Iblis hal. 16)

Sedangkan kata ”Al Jama’ah” artinya bersama atau berkumpul. Dinamakan demikian karena mereka bersama dan berkumpul dalam kebenaran, mengamalkannya dan mereka tidak mengambil teladan kecuali dari para sahabat, tabiin dan ulama–ulama yang mengamalkan sunnah sampai hari kiamat.

Karena merekalah orang-orang yang paling memahami agama yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Namun yang perlu digaris-bawahi di sini adalah bahwa Al Jama’ah adalah orang-orang yang berada di atas kebenaran, bukan pada jumlahnya. Jumlah yang banyak tidak menjadi patokan kebenaran, bahkan Allah Ta’ala berfirman yang artinya: ”Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah” [Al An’am: 116]. Sehingga benarlah apa yang dikatakan Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu: “Al-Jama’ah adalah yang mengikuti kebenaran walaupun engkau sendirian” (Syarah Usuhul I’tiqaad Al Laalika-i no. 160).

Ringkasnya, Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah orang-orang yang mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya, dan dalam memahami dan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tersebut mereka meneladani praktek dan pemahaman para sahabat, tabi’in dan orang yang mengikuti mereka. Dan makna ini sesuai dengan apa yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tentang satu golongan yang selamat pada hadits di atas: ”yaitu orang-orang yang berada pada jalanku dan jalannya para sahabatku dihari ini”.

Pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Mungkin setelah dijelaskan makna Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, sebagian orang masih rancu tentang siapakah sebenarnya mereka itu. Karena semua muslim, dari yang paling ’alim hingga yang paling awamnya, dari yang benar hingga yang paling menyimpang akan mengaku bahwa ia berjalan di atas jalannya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabatnya. Maka dalam kitab Ushul Aqidah Ahlis Sunnah, Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhahullah menjelaskan bahwa Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dapat dikenal dengan dua indikator umum:

1. Ahlus Sunnah berpegang teguh terhadap sunnah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, berbeda dengan golongan lain yang beragama dengan berdasar pada akal, perasaan, hawa nafsu, taqlid buta atau ikut-ikutan saja.

2. Ahlus Sunnah mencintai Al Jama’ah, yaitu persatuan ummat di atas kebenaran serta membenci perpecahan dan semangat kekelompokan (hizbiyyah). Berbeda dengan golongan lain yang gemar berkelompok-kelompok, membawa bendera-bendera hizbiyyah dan bangga dengan label-label kelompoknya.

Perlu diketahui juga bahwa istilah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah muncul untuk membedakan ajaran Islam yang masih murni dan lurus dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dengan ajaran Islam yang sudah tercampur dengan pemikiran-pemikiran menyimpang seperti pemikiran Jahmiyah, Qodariyah, Syi’ah dan Khawarij. Sehingga orang-orang yang masih berpegang teguh pada ajaran Islam yang masih murni tersebut dinamakan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Imam Malik rahimahullah pernah ditanya : “Siapakah Ahlus Sunnah itu? Ia menjawab: Ahlus Sunnah itu mereka yang tidak mempunyai laqb (julukan) yang sudah terkenal. Yakni bukan Jahmiyah, bukan Qadariyah, dan bukan pula Syi’ah”. (Lihat Al-Intiqa fi Fadlailits Tsalatsatil Aimmatil Fuqaha. hal.35 oleh Ibnu Abdil Barr).

Rabu, Juni 10, 2009

TESTING OF GROUNDING

GROUNDING
The purpose of this test is to confirm the grounding system of each Distribution Box or Main Distribution Frame and Arrester Ground.
Specification

Grounding resistance : not less than 2 Ohms.
Test configuration

shown on fig.1.
Test Equipment
KYORITSU 4105.A


Test Methode
Setup the measuring equipment as shown on fig.1.
(Grounding Resistance Test Configuration )
1. Press x10Ω button first and then MEAS button
2. When the meter pointer deflects up full scale, press x100Ω button and take the reading.
3. When an earth resistance value to be measured is below 10 Ω, press x 1Ω button and take the reading
4. During this measurement, OK lamp ( left side, upper) is illuminated, indicating that connection to C and E terminals is good.
5. Record the a measurement to the attached TEST DATA SHEET.

Selasa, Juni 09, 2009

SIUJK (SURAT IZIN JASA KONSTRUKSI)

Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK adalah Izin yang dikeluarkan Pemerintah Daerah Propinsi untuk melaksanakan kegiatan usaha JASA KONSTRUKSI di Indonesia, sesuai dengan Bidang, Sub Bidang dan Kualifikasi badan usaha Jasa Konstruksi.


PENGGOLONGAN SIUJK



Berdasarkan jenisnya kegiatan usaha dibidang jasa konstruksi digolongkan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu :


  1. JASA PERENCANAAN

  2. JASA PELAKSANAAN

  3. JASA PENGAWASAN KONSTRUKSI

PROSEDUR PERMOHONAN



  • Perusahaan yang ingin mengajukan permohonan SIUJK harus-lah memiliki SERRTIFIKAT BADAN USAHA yang dikeluarkan BADAN SERTIFIKASI ASOSIASI Ter-Akreditasi LPJK sesuai dengan Klasifikasi dan Kualifikasi Badan Usaha.


  • Perusahaan mengambil dan mengisi formulir serta menandangani permohonan SIUJK serta menyerahkan kembali kepada Kantor Pemerintah Daerah Propinsi/Kota sesuai domisili perusahaan beserta persyaratan dan kelengkapannya.


  • Petugas dari Kantor Pemerintah Dearah Propinsi/Kota, akan meneliti kelengkapan berkas serta melakukan pengecekan lapangan jika diperlukan, dan jika memenuhi syarat maka sertifikat SIUJK akan dikeluarkan.

PERSYARATAN UTAMA


Perusahaan Asing PMA atau Lokal yang ingin mengajukan permohonan SIUJK harus memiliki Sertifikat Badan Usaha dari Asosiasi Ter-akreditasi LPJK-Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi.


PERSYARATAN ADMINISTRASI LAINNYA


  • Copy Akta Pendirian perusahaan

  • Copy Akta Perubahan termasuk perubahan Modal, Pemegang Saham & Pengurus

  • Copy SK.Menteri Hukum & HAM RI serta Laporan Perubahannya

  • Copy Surat Keterangan Domisli Perusahaan

  • Copy NPWP

  • Copy TDP

  • Copy Kontrak/Sewa/Bukti Kepemilikan Tempat Usaha

  • Copy KTP Pengurus dan KTP Pemegang Saham

  • Copy Ijazah T.Ahli dan KTP-nya serta Daftar Riwayat Hidup sesuai Bidang Pekerjaan

  • Lampirran Daftar Peralatan Kantor & Peralatan Proyek

  • Copy Keanggotaan Asosiasi Jasa Konstruksi

  • Copy Sertifikat Badan Usaha dari Asosiasi Ter-Akreditasi LPJK

  • Pas Photo pimpinan perusahaan 3x4 sebanyak 2 lembar

MASA BERLAKU


Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi memiliki masa berlaku sesuai dengan masa belaku SERTIFIKAT BADAN USAHA yang dmiliki perusahaan sejak tanggal dikeluarkan.

DETIK TERAKHIR SAKARATUL MAUT RASULULLAH SAW

AIRMATA RASULULLAH SAW...


Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seorang yang berseru mengucapkan


salam. 'Bolehkah saya masuk?' tanyanya. Tapi Fatimah tidak mengizinkannya


masuk, 'Maafkanlah, ayahku sedang demam', kata Fatimah yang membalikkan


badan dan menutup pintu.




Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan


bertanya pada Fatimah, 'Siapakah itu wahai anakku?'


'Tak tahulah ayahku, orang sepertinya baru sekali ini aku melihatnya,'


tutur Fatimah lembut. Lalu, Rasulullah menatap puterinya itu dengan


pandangan yang menggetarkan.




Seolah-olah bahagian demi bahagian wajah anaknya itu hendak dikenang.




'Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang


memisahkan pertemuan di dunia..


Dialah malaikatul maut,' kata Rasulullah, Fatimah pun menahan ledakkan


tangisnya. Malaikat maut datang menghampiri, tapi Rasulullah menanyakan


kenapa Jibril tidak ikut sama menyertainya.




Kemudian dipanggilah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap di atas langit


dunia menyambut ruh kekasih Allah dan penghulu dunia ini.




'Jibril, jelaskan apa hakku nanti di hadapan Allah?', tanya Rasululllah


dengan suara yang amat lemah.


'Pintu-pintu langit telah terbuka, para malaikat telah menanti ruhmu..


'Semua syurga terbuka lebar menanti kedatanganmu, ' kata Jibril.


Tapi itu ternyata tidak membuatkan Rasulullah lega, matanya masih penuh


kecemasan. 'Engkau tidak senang mendengar khabar ini?', tanya Jibril lagi.


'Khabarkan kepadaku bagaimana nasib umatku kelak?'


'Jangan khawatir, wahai Rasul Allah, aku pernah mendengar Allah


berfirman kepadaku: 'Kuharamkan syurga bagi siapa saja, kecuali umat


Muhammad telah berada di dalamnya,' kata Jibril.


Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan ruh


Rasulullah ditarik.




Nampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya


menegang. 'Jibril, betapa sakit sakaratul maut ini.'


Perlahan Rasulullah mengaduh. Fatimah terpejam, Ali yang disampingnya


menunduk semakin dalam dan Jibril memalingkan muka.




'Jijikkah kau melihatku, hingga kau palingkan wajahmu Jibril?'


Tanya Rasulullah pada Malaikat pengantar wahyu itu.


'Siapakah yang sanggup, melihat kekasih Allah direnggut ajal,' kata


Jibril.


Sebentar kemudian terdengar Rasulullah mengaduh, karena sakit yang tidak


tertahankan lagi.




'Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini


kepadaku, jangan pada umatku.'


Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tidak bergerak lagi.


Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu, ! Ali segera


mendekatkan telinganya. 'Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanuku'


'peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu.'






Diluar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan.


Fatimah menutupkan tangan di wajahnya, dan Ali kembali mendekatkan


telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.




'Ummatii,ummatii, mmatiii?' - 'Umatku, umatku, umatku'


Dan, berakhirlah hidup manusia mu lia yang memberi sinaran itu.


Kini, mampukah kita mencintai sepertinya?


Allahumma sholli 'ala Muhammad wa baarik wa salim 'alaihi




Betapa cintanya Rasulullah kepada kita.



NB:


Kirimkan kepada sahabat-sahabat muslim lainnya agar timbul kesadaran untuk


mengingat maut dan mencintai Allah dan RasulNya, seperti Allah dan


Rasulnya mencintai kita.

M/E MEKANIKAL & ELEKTRIKAL

Secara umum Mekanikal dan Elektrikal disebut dengan istilah umum M/E yang terdiri :

I. Sistem Pemadam Kebakaran

a. Sistem Hydrant

b. Sistem Sprinkler

c. Sistem Fire Alarm

II. Sistem Elevator & Eskalator

a. Sistem Elevator Penumpang

b. Sistem Elevator Barang

c. Sistem Eskalator

Yang perlu diperhatikan dalam perencanaan adalah pola lalu lintas orang dan barang dan kondisi darurat.

III. Sistem Instalasi Air Buangan

a. Sistem Jaringan Air Kotor

b. Sistem Jaringan Air Hujan

c. Sistem Pengelolaan Air Kotor.

IV. Sistem Instalasi Listrik

a. Sistem Instalasi Penerangan

b. Sistem Instalasi Pembangkit. ( PLN atau Genset ).

VI. Sistem Plumbing

a. Sistem Pemipaan Air Bersih

b. Sistem Pemipaan Air Limbah

c. Sistem Pemipaan Air Hujan

VII. Sistem Air Conditioning (AC) dan Refrigeration

a. Sistem AC

b. Sistem Refrigeration

DEPO or CAR DEPO

Saat ini beberapa tempat untuk menyimpan rangkaian Kereta Api Rel Listrik ( KRL) tersebar dibeberapa tempat seperti di Manggarai, Serpong, Jatinegara, Bogor. Manajemen untuk pemeriksaan, pemeliharaan dan perbaikan baik skala besar maupun kecil dilakukan di Depo. Operasi kereta api listrik (KRL) yang bersifat komuter harus diatur semaksimal antara masa pemeliharaan, perbaikan dan pengoperasian. Dampak dari ketiga unsur tersebut perlu selalu dijaga kesempurnaannya sehingga tidak mengakibatkan terhambatnya operasi KRL yang akan berpengaruh langsung terhadap aktifitas dan produktifitas masyarakat, yaitu terganggunya system transportasi secara keseluruhan di Jabodetabek. Khusus untuk Sarana, hal ini akan dapat dicapai jika pemeliharaan dan perbaikan KRL dapat dilaksanakan secara baik dan tepat waktu, dan yang perlu dilakukakan bagaimana tempat penyimpanan (stabling) KRL. Didalam Grafik perjalanan Kereta Api (GAPEKA) telah diatur jadual pemberangkatan dan kedatangan KA, untuk itu faktor kesiapan SARANA sangat penting untuk menunjang kesiapan operasi sesuai jadual.

Mengingat pentingnya unsur sarana dalam kesempurnaan operasi KRL, pemerintah telah membangun depo yang cukup luas "DIPO KRL" yang berada di dekat Stasiun Depok Lama, Lintas Bogor. Guna mendapatkan kepastian akan kesempurnaan Sarana maka "DIPO KRL DEPOK" mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut :

1). Tempat menyimpan rangkaian KRL ( Stabling Area)

2). Manajemen dari Masinis dan Pembantu Masinis KRL.

3). Pemeriksaan harian (Daily), Bulanan (Monthly) dan Tahunan (Yearly) untuk Sarana, sebagai pemeriksaan yang tidak terjadual (Inspection Shed).

4). Pembubutan roda KRL (Wheel Tread Reprofilling).

5). Pembersihan rangkaian ( Washing Table )

6). Penempatan dan Pemakaian KRL cadangan.

7). Perbaikan Berat (Unschedul Pit)

Didepo depok ini mencakup beberapa infrastruktur yang meliputi Bidang Sipil, Bangunan, Jalan Real, Listrik, Sinyal, Telekomunikasi dan Mekanikal.

Bidang Sipil meliputi :

a. Jembatan KA (Access Track Bridge)

b. Jembatan Penyebarangan (Over Bridge)

c. Gorong-gorong (Box Culvert dan Pipe Culvert)

d. Jalan Masuk dan Jalan Patroli (Access Road dan Patroll Road)

e. Jalan Umum (Public Road)

f. Sistem Drainage (Pipe Drain, Open Chanel, U-ditch dan Frence Drain).

g. Pagar (Concrete Fence) dan Pintu Gerbang (Main Gate)

Bangunan meliputi :

a. Gedung Administrasi, 3 Lantai (Administration Building)

b. Tempat Pencucian Kereta (Washing Table).

c. Bangunan Pemeliharaan Harian, Bulanan (Inspection Shed)

d. Bangunan Pemeliharaan Tahunan (Unschedule Pit yang berada didalam Inspection Shed)

e. Bangunan Bengkel perbaikan (Maintenance Staff Office).

f. Bangunan bubut roda ( wheel Traed Reprofilling Shed)

g. Bangunan Rumah Sinyal, 2 lantai ( Signal Cabin)

h. Bangunan Pos Gerbong (Gate House)

i. Bangunan Kantor Staf Pemeliharaan.

j. Gudang Penyimpanan Peralatan (Store House)

k. Bangunan pembakaran limbah (Incinerator)

l. Fasilitas Pengolahan Limbah Cair (Influent Treatment Facility)

m. Water Supply System seperti Deep Well, Reservoir, Menara Air dll.

n. Gardu Listrik (Substation)

o. Masjid, Kantin dan Garasi.

Jalan Rel meliputi :

a. 14 sepur emplasemen penyimpanan (stabling);

b. 11 sepur untuk inspeksi, pencucian

c. 43 Wesel

d. 2 Scissor Crossing

Listrik meliputi :

a. Gardu Listrik AC 6kV/20Kv

b. Sistim Listrik Aliran Atas.

c. Sistim Distribusi Daya dan Sistem Penerangan Luar.

Sinyal meliputi :

a. Interlocking PLC di Depo

b. Interlocking SSI di Stasiun Depok Lama

c. Sistem Interface.

Telekomunikasi meliputi :

a. Talkback System terdiri dari Slave Device dan Master Device

b. Speaker

c. Automatic Telephone (TOKA)

d. Public telephone

e. CFT ( Concentrade Functions Telephone)

f. Interphone

g. Electric Clock

h. Magneto Telephone

Mekanikal meliputi :

a. Fasilitas pemeliharaan rangkaian

b. Mesin-mesin dan instrumen bengkel untuk perbaikan.

c. Bubut roda

d. Water supply

e. Reservoir

f. Sistim distribusi air dan kebakaran.

g. Pembersihan Limbah dan air (treatment)

h. Pembakaran sampah (Incinerator)

i. Kendaraan.

Selasa, Juni 02, 2009

PROYEK KA BANDARA - Kabar Terkini - tvOne Memang Beda

PEMERINTAH PASTIKAN AMBILALIH PROYEK KA BANDARA - Kabar Terkini - tvOne Memang Beda

Shared via AddThis

REVITALISASI PERKERETAAPIAN 2009

(Jakarta, 12/05/09) Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan (Dephub) Tunjung Inderawan mengemukakan, hingga saat ini, anggaran revitalisasi perkeretaapian 2009 terserap Rp3,693 triliun dari total Rp7,154 triliun yang dialokasikan.

“Dengan demikian, hingga saat ini sudah terserap sekitar 51,62 persen,” kata Tunjung dalam pertemuan dengan wartawan yang diselenggarakan Pusat Komunikasi Publik Dephub di Jakarta, Selasa 12/05/09.

Program revitalisasi perkeretaapian yang digelar pemerintah sejak 2008 dianggarkan sekitar Rp19,365 triliun yang direalisasikan hingga 2010. Pada tahun 2008, alokasi anggaran sebesar Rp4,655 triliun dan realisasinya mencapai 73,64 persen (Rp3,428 triliun). Sementara itu untuk 2010, direncanakan, anggaran yang dipersiapkan sebesar Rp7,556 triliun.

Tunjung menjelaskan, secara umum program revitalisasi perkeretaapian selama ini fokusnya pada pembangunan prasarana dan sarana baik di perkeretaapian Sumatera, Kereta Api (KA) Perkotaan Jabotabek maupun Perkeretaapian Jawa. Sejumlah program pembangunan perkeretaapin yang sedang mendapatkan perhatian publik selam aini, lanjutnya, setidaknya ada beberapa antara lain, perkembangan proyek double-double track Cikarang-Manggarai.

"Saat ini dalam proses akhir pengadaan atau penertiban tanah negara antara Manggarai-Jatinegara, termasuk sertifikasi," katanya. Proses pelelangan yang akan segera akan dilakukan dan diprioritaskan lebih awal adalah konstruksi paket B1 yakni elektrifikasi Bekasi-Cikarang.

Kemudian untuk Mass Rapid Transit (MRT) di Ibukota, saat ini proses pelelangannya masih dalam proses evaluasi dokumen prakualifikasi. "Jadi, belum ada pemenang tendernya,"katanya. Untuk proyek jalur ganda Serpong-Maja, kata Tunjung, saat ini telah dilaksanakan pembangunan jalur ganda antara Serpong-Parungpanjang termasuk rehabilitasi jalur yang ada dan elektrifikasinya.

"Tahun ini, direncanakan rehab track eksisting dan elektrifikasi Parungpanjang-Maja sehingga pada akhir tahun dapat dioperasikan KRL hingga ke Maja,"katanya. Terakhir, menurut Tunjung yang didampingi Sesditjen Perkeretaapian Nugroho Indrio, mengenai rencana aktivasi jalur Stasiun Kota-Tanjung Priok, proses pembebasan lahan sedang dilakukan dan tahun ini pula direncanakan kegiatan rehab track, termasuk emplasemen dan peningkatan sintelis (persinyalan, elektronika dan listik) antara Jakarta Kota dan Tanjung Priok.

Dua Peminat

Sementara itu, ketika menjawab pertanyaan pers seputar rencana Proyek KA Bandara, Tunjung mengakui, hingga retender tahap kedua, peminatnya masih dua investor. “Syarat sesuai Perpres (Peraturan Presiden) No. 67/2005, tender baru bisa ditentukan pemenangnya jika minimal ada tiga peserta," katanya.

Menurut Tunjung, dalam Perpres No. 67/2005 tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur, sudah sangat jelas rambunya yakni jika peserta tender hanya dua saja, maka sama saja hal itu mengharuskan panitia mengulanginya kembali dari awal.

Untuk proyek ini, tender tahap pertama sudah dilakukan dan ternyata yang mengembalikan dokumen dengan lengkap hanya PT Railink dan pada tahap kedua, selain PT Railink, juga Mitsui Jepang.

"Karena itu, kini, sedang dalam persiapan untuk retender tahap ketiga,"katanya. Jika nantinya, tetap saja tidak mencapai tiga peserta, maka mungkin saja pemerintah akan mengambilalih proyek itu, khususnya untuk pembangunan prasarananya.

Pengambilalihan ini artinya Pemerintah yang akan membangun prasarana (tidak lagi dengan tender konsesi) tentunya dengan melalui proses tender fisik, yang nantinya akan diserahkan kepada pengelola prasarana melalui pengaturan lebih lanjut. (ES)

Sumber :www.dephub.go.id

Prasarana dan Sarana KA

PERKERETAAPIAN
Pengambilalihan Pengelolaan
Prasarana KA Kurang Tepat

Selasa, 5 Mei 2009
JAKARTA (Suara Karya): Pengambilalihan pengelolaan prasarana perkeretaapian oleh Departemen Perhubungan (Dephub) dinilai kurang tepat, meski bertujuan untuk menarik investasi baru di sektor angkutan/transportasi massal.

Ketua Majelis Asosiasi Profesi Kereta Api (APKA) Syahedi Judiantoro mengatakan, investor akan tertarik di bisnis angkutan massal itu bila ada jaminan keamanan dan sistem tarif yang menarik. Apalagi investasi di sektor kereta api termasuk padat nodal, sehingga jika tidak ada jaminan keamanan dan sistem tarif, maka tidak akan ada investor yang mau berinvestasi.

"Apakah ada jaminan kalau diambilalih Dephub, investor di sektor kerata api akan datang. Atau kinerja pelayanan akan membaik. Sebab dengan satu operator PT Kereta Api, masalah pelayanan dan keselamatan saja amburadul. Jadi perbaiki ini dulu," katanya di Jakarta, kemarin.

Mantan Direktur Teknik PT Kereta Api ini mengatakan, semakin banyak operator yang mengoperasikan kereta api, maka aspek keselamatan dan pelayanan justru akan semakin memburuk. Selama ini jika terjadi kecelakaan, antara operator dan regulator justru saling menyalahkan akibat tidak adanya koordinasi serta sinkronisasi. "Saling tuding terhadap sebuah kesalahan, sudah pasti akan terjadi. Operator akan menyalahkan regulator, begitu juga sebaliknya. Jadi saya kurang setuju kalau prasarana perkeretaapian diambilalih Dephub," ujar Sya-hedi.

Dengan tarif normal seperti saat ini, lanjutnya, tingkat pengembalian investasi di sektor kereta api (KA) mencapai 20 tahun. Namun ini belum termasuk fakta minimnya prasarana KA, termasuk yang sudah rusak dan berusia tua. "Para investor tidak akan berani masuk dengan tingkat pengembalian yang begitu lama. Pihak swasta maunya untung saja. Padahal bisnis angkutan massal juga untuk sosial, karena tugasnya melayani masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, pengamat transportasi/Sekjen Forum Komunikasi Rakyat untuk Transparansi (Forki) Ch Makmun menyebutkan, upaya untuk menarik investasi di sektor perkeretaapian sah-sah saja. Namun jangan sampai mengganggu kepentingan masya-rakat kecil yang selama ini hanya mengandalkan ang-kutan massal seperti kereta api. Biasanya dengan masuknya investor swasta, maka akan ada kepentingan masyarakat yang terabaikan. Sementara secara hukum dan fakta sejarah, prasarana perkeretaapian merupakan milik PT KA, sehingga seharusnya tetap dipercayaa mengelola kereta api.

Sebelumnya, Dirjen Perkeretaapian Dephub Tunjung Indrawan mengungkapkan, Dephub akan mengambilalih pengelolaan prasarana perkeretaapian dai PT Kereta Api. "Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Penyelanggaraan Perkeretaapian diharapkan memacu PT KA untuk mening-katkan layanan dan bisa mendorong investasi swas-ta," katanya. Dephub sendiri menginginkan dibentuknya badan layanan usaha (BLU) di sektor perkeretaapian. (Syamsuri S)

Sumber :www.suarakarya-online.com/

MRT Mass Rapid Transit

Tender MRT rampung Mei

Pemprov DKI sambut baik janji Departemen Perhubungan

JAKARTA: Departemen Perhubungan berjanji mengumumkan pemenang tender desain dasar proyek mass rapid transit (MRT) senilai US$17 juta pada akhir Mei 2009.

Dirjen Perkeretaapian Dephub Tunjung Inderawan mengatakan janji itu sekaligus untuk membantu proses percepatan pekerjaan desain dasar dan pekerjaan fisik proyek angkutan massal yang ditargetkan dimulai tahun ini.

"Akhir Mei ini penentuan pemenang akan disampaikan untuk membantu upaya percepatan pekerjaan basic design MRT," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Tunjung menyatakan hal tersebut menanggapi pemberitaan Bisnis sebelumnya tentang perpanjangan masa validasi tender desain dasar MRT dari yang seharusnya berakhir 23 April menjadi 23 Juli. Berdasarkan penelusuran Bisnis, ini merupakan perpanjangan yang ketiga kali. (lihat ilustrasi)

Surat perpanjangan validasi proposal itu sendiri ditandatangani oleh ketua panitia pelaksana tender desain dasar MRT Setyo Gunawan per 20 April 2009. Surat tersebut ditujukan kepada konsorsium kontraktor peserta tender.

Dalam masa perpanjangan validasi tersebut, kedua kontraktor terpilih yakni konsorsium Nippon Koei Co Ltd dan konsorsium Katahira Engineers International diminta kembali menjawab poin klarifikasi proposal tender proyek desain dasar MRT.

Para kontraktor menyatakan tidak keberatan dengan perpanjangan tersebut. Menjawab surat perpanjangan itu, Katahira-yang dalam penilaian oleh Dephub sebelumnya meraih nilai lebih tinggi dari Nippon-menyatakan tidak keberatan.

"Kami tidak keberatan dan menghormati kebijakan panitia tender untuk memperbarui isian proposal tender," tulis Direktur Eksekutif dan Representative Katahira Takashi Okumura dalam surat per 21 April 2009.

Perpanjangan masa validasi itu dengan sendirinya mementahkan keyakinan semua pihak, termasuk Japan International Cooperation Agency (JICA), kreditur proyek senilai total Rp8,5 triliun itu, untuk mendapatkan pemenang tender desain paling lambat akhir April 2009.

Lambat itu biasa

Menurut Tunjung, proses penyelesaian administrasi tender yang dinilai lambat itu merupakan hal yang biasa ditemui dalam prosedur tender. Saat ini, pihaknya juga sedang berusaha untuk mempercepat penyelesaian administrasi tender tersebut.

Untuk perubahan anggota panitia tender dari semula 19 orang menjadi sembilan orang, Tunjung juga menganggap itu hal biasa. Masalahnya, ada kemungkinan anggota panitia tender memiliki tugas menjadi kuasa pengguna anggaran program yang lain.

Yang pasti, dia menjamin dalam perumusan desain dasar tersebut Dephup akan melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk Pemprov DKI. Dengan begitu, kontraktor nantinya hanya akan mengerjakan dan mengimplementasikan di lapangan.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah DKI Muhayat menyambut baik kepastian tersebut. Dia berharap agar kepastian pemenang itu dapat membuat situasi menjadi lebih baik sehingga proyek bisa dikerjakan dan selesai tepat waktu.

"Namun, kami akan tunggu saja hasilnya [tender desain dasar MRT] bagaimana, kan itu masih dalam proses di Departemen Perhubungan. Kecuali jika mereka tidak bisa menentukan, kemudian diserahkan pada kami, barulah barulah kita laksanakan," ujarnya.

Senada dengan Muhayat, Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo mengatakan pihaknya tidak akan ikut campur dalam tender disain dasar MRT yang menjadi kewenangan Dephub. (Bastanul Siregar) (hendra.wibawa @bisnis.co.id/tularji@bisnis.co.id/mia.chitra@bisnis.co.id)

Oleh Hendra Wibawa, Tularji, & Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia

Senin, Juni 01, 2009

Japanese Industrial Standards (JIS)

Japanese Industrial Standards (JIS) (日本工業規格, Nippon Kōgyō Kikaku?) adalah standar yang digunakan untuk kegiatan industri di Jepang. Proses standarisasi yang dikoordinasikan oleh Komite Standar Industri Jepang (Japanese Industrial Standards Committee) dan dipublikasikan melalui Asosiasi Standar Jepang (Japanese Standards Association).


Pada zaman Meiji, swasta bertanggung jawab untuk membuat standar. Namun, pemerintah Jepang telah memiliki dokumen standar dan spesifikasi untuk keperluan pengadaan.


Ini adalah ringkasannya untuk membentuk suatu standar resmi (JES) lama pada 1921. Selama Perang Dunia II, standard yang sederhana didirikan untuk meningkatkan peralatan output.


Sekarang Asosiasi Standar Jepang didirikan setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II pada 1945. Regulasi komite standard industri Jepang dibentuk yang bernama JES baru.


Hukum Standardisasi Industri yang telah ditetapkan pada tahun 1949, yang menjadi dasar hukum untuk keberadaan Standarisasi Industri Jepang (JIS)


Hukum Standardisasi Industri yang telah direvisi pada tahun 2004 dan "Tanda JIS" (sistem sertifikasi produk) telah berubah, dan JIS baru tandai ini diterapkan sejak 1 Oktober 2005 setelah sertifikasi ulang. Tanda lama tandai diperbolehkan untuk digunakan hingga 30 September 2008, untuk masa transisi selama 3 tahun, dan setiap manufaktur mendapatkan sertifikasi baru atau diperbaharui di bawah persetujuan badan otoritas kemudian dapat menggunakan tandai JIS baru. Karena itu semua JIS bersertifikat produk Jepang harus memiliki tanda JIS baru setelah 1 Oktober 2008.


Standar akan diberi nama seperti "JIS X 0208:1997", dimana X menunjukkan pembagian wilayah, diikuti oleh empat digit (atau lima digit untuk beberapa standar sesuai standar ISO), dan revisi tahun. Divisi dari standar JIS dan signifikan adalah:



  • A - Civil Engineering and Architecture

  • B - Mechanical Engineering



    • JIS B 7021-1989 : Classification and Water Resistibility of Water Resistant Watches for General Use

    • JIS B 7512-1993 : Steel tape measures

    • JIS B 7516-1987 : Metal Rules



  • C - Electronic and Electrical Engineering




  • D - Automotive Engineering

  • E - Railway Engineering

  • F - Shipbuilding

  • G - Ferrous Materials and Metallurgy

  • H - Nonferrous materials and metallurgy[1]



    • H2105 - Pig lead

    • H2107 - Zinc ingots

    • H2113 - Cadmium metal

    • H2116 - Tungsten powder and tungsten carbide powder

    • H2118 - Aluminum alloy ingots for die castings

    • H2121 - Electrolytic cathode copper

    • H2141 - Silver bullion

    • H2201 - Zinc alloy ingots for die casting

    • H2202 - Copper alloy ingots for castings

    • H2211 - Aluminium alloy ingots for castings

    • H2501 - Phosphor copper metal

    • H3100 - Copper and copper alloy sheets, plates and strips

    • H3110 - Phosphor bronze and nickel silver sheets, plates and strips

    • H3130 - Copper beryllium alloy, copper titanium alloy, phosphor bronze, copper-nickel-tin alloy and nickel silver sheets, plates and strips for springs

    • H3140 - Copper bus bars

    • H3250 - Copper and copper alloy rods and bars

    • H3260 - Copper and copper alloy wires

    • H3270 - Copper beryllium alloy, phosphor bronze and nickel silver rods, bars and wires

    • H3300 - Copper and copper alloy seamless pipes and tubes

    • H3320 - Copper and copper alloy welded pipes and tubes

    • H3330 - Plastic covered copper tubes

    • H3401 - Pipe fittings of copper and copper alloys

    • H4000 - Aluminium and aluminium alloy sheets and plates, strips and coiled sheets

    • H4001 - Painted aluminium and aluminium alloy sheets and strips

    • H4040 - Aluminium and aluminium alloy rods, bars and wires

    • H4080 - Aluminium and aluminium alloys extruded tubes and cold-drawn tubes

    • H4090 - Aluminium and aluminium alloy welded pipes and tubes

    • H4100 - Aluminium and aluminium alloy extruded shape

    • H4160 - Aluminium and aluminium alloy foils

    • H4170 - High purity aluminium foils

    • H4301 - Lead and lead alloy sheets and plates

    • H4303 - DM lead sheets and plates

    • H4311 - Lead and lead alloy tubes for common industries

    • H4461 - Tungsten wires for lighting and electronic equipments

    • H4463 - Thoriated tungsten wires and rods for lighting and electronic equipment

    • H4631 - Titanium and titanium alloy tubes for heat exchangers

    • H4635 - Titanium and titanium alloy welded pipes

    • H5401 - White metal

    • H8300 - Thermal spraying―zinc, aluminium and their alloys

    • H8601 - Anodic oxide coatings on aluminium and aluminium alloys

    • H8602 - Combined coatings of anodic oxide and organic coatings on aluminium and aluminium alloys

    • H8615 - Electroplated coatings of chromium for engineering purposes

    • H8641 - Zinc hot dip galvanizings

    • H8642 - Hot dip aluminized coatings on ferrous products



  • K - Chemical Engineering

  • L - Textile Engineering

  • M - Mining

  • P - Pulp and Paper



    • JIS P 0138-61 (JIS P 0138:1998): process finished paper size (ISO 216 with a slightly larger B series)



  • Q - Management System

  • R - Ceramics

  • S - Domestic Wares

  • T - Medical Equipment and Safety Appliances

  • W - Aircraft and Aviation

  • X - Information Processing



    • JIS X 0201:1997 : Japanese national variant of the ISO 646 7-bit character set

    • JIS X 0202:1998 : Japanese national standard which corresponds to the ISO 2022 character encoding

    • JIS X 0208:1997 : 7-bit and 8-bit double byte coded kanji sets for information interchange

    • JIS X 0212:1990 : Supplementary Japanese graphic character set for information interchange

    • JIS X 0213:2004 : 7-bit and 8-bit double byte coded extended Kanji sets for information interchange

    • JIS X 0221-1:2001 : Japanese national standard which corresponds to ISO 10646

    • JIS X 0401:1973 : To-do-fu-ken (prefecture) identification code

    • JIS X 0402:2003 : Identification code for cities, towns and villages

    • JIS X 0405:1994 : Commodity classification code

    • JIS X 0408:2004 : Identification code for universities and colleges

    • JIS X 0501:1985 : Bar code symbol for uniform commodity code

    • JIS X 0510:2004 : QR Code

    • JIS X 3001-1:1998, JIS X 3001-2:2002, JIS X 3001-3 : Fortran programming language

    • JIS X 3002:1992 : COBOL

    • JIS X 3005-1:2002 : SQL

    • JIS X 3010:2003 : C programming language

    • JIS X 3014:2003 : C++

    • JIS X 3030:1994 : POSIX

    • JIS X 4061:1996 : Collation of Japanese character string

    • JIS X 6002:1980 : Keyboard layout for information processing using the JIS 7 bit coded character set

    • JIS X 6054-1:1999 : MIDI

    • JIS X 6241:1997 : 120 mm DVD -- Read-only disk

    • JIS X 6243:1998 : 120 mm DVD Rewritable Disk (DVD-RAM)

    • JIS X 6245:1999 : 80 mm (1.23GB/side) and 120 mm (3.95GB/side) DVD-Recordable-Disk (DVD-R)

    • JIS X 9051:1984 : 16-dots matrix character patterns for display devices

    • JIS X 9052:1983 : 24-dots matrix character patterns for dot printers



  • Z - Miscellaneous


The American Railway Engineering and Maintenance-of-Way Association (AREMA)

American Railway Engineering and Maintenance-of-Way Association (AREMA) adalah salah satu kelompok industri kereta api Amerika Utara. Arema menerbitkan standarisasi untuk diaplikasikan di desain, konstruksi dan pemeliharaan prasarana kereta api, yang sesuai persyaratan di Amerika Serikat dan Kanada.


AREMA yang berkantor pusat di Lanham, Maryland, sebuah kota satelit dari Washington, DC. Pernyataan Misi-nya adalah "Pengembangan dan kemajuan dari keduanya secara teknis dan ilmu pengetahuan parktis untuk desain, konstruksi dan pemeliharaan prasarana kereta api." Charles H. Emely telah menjadi Direktur Eksekutif dan CEO AREMA sejak November 1998. Larry L. Etherton adalah Presiden AREMA dan Ketua Dewan Gubernur untuk 2007-2008.


AREMA dibentuk tanggal 1 Oktober 1997, hasil gabungan 4 industri yaitu :


  • the American Railway Bridge and Building Association

Dibentuk pada tahun 1891 di St Louis, Missouri sebagai the American International Association of Railway Superintendents of Bridges and Buildings Asosiasi ini awalnya diikuti 40 perusahaan yang bergerak di bidang Kereta api (railroads). Tahun 1907 namanya berubah menjadi the American Railway Bridge and Building Association. Kelompok ini menyediakan suatu forum untuk bertukar informasi dan mencari solusi untuk menghadapi masalah yang terjadi di industri kereta api.

  • the American Railway Engineering Association

American Railway Engineering and Maintenance of Way Association dibentuk di Buffalo, New York pada tahun 1899 untuk mengorganisasikan sebuah forum untuk pengembangan dan studi praktis dari Standard Lebar Sepur (Gauge) yang baru dan terintegrasi untuk jaringan Kereta api di Amerika Utara. Setelah itu namanya disingkat menjadi the American Railway Engineering Association (AREA). Terdiri dari lima komite teknis (Bantalan/Ties, Rail, Track, Bangunan/Buildings dan Stasiun Yard & Depo Kereta Api yang tetap bertahan dari tahun 1899 dan berlanjut di bawah fungsi kelompok AREMA. Pedoman Manual praktis yang direkomendasikan pertamakali telah dipublikasikan tahun 1905 dan namanya berubah menjadi Manual of Railway Engineering tahun 1970.

  • the Roadmasters and Maintenance of Way Association, and

Kelompok tertua telah dibentuk tahun 1883 yang terdiri dari 61 ahli Kereta api mewakili 24 perusahaan Kereta api. Asosiasi ini menyediakan sarana melalui petugas pemeliharaan yang memiliki kesempatan untuk bertemu dan membicarakan masalah bersama. Sambungan Rel (Rail Joints), Wesel (Switches), Jarum Wesel (frogs) dan Bantalan (Ties) yang menjadi subject pembahasan, yang mengarah ke standarisasi pemeliharaan paraktis.
Tahun 1885, the Association of Telegraph and Telephone Superintendents dibentuk oleh perwakilan telegrap dari perusahaan Kereta api terbesar. Tahun 1895, Kelompok sinyal Kereta api ( Railway Signaling Club) dibentuk pada saat pertemuan di Chicago, Illinois dan membuat suatu kode aturan tentang pengoperasian interlockings. Pada tahun 1919, Kelompok Sinyal menjadi Devisi Sinyal (Signaling Division) yang baru terbentuk dari American railways Association (ARA) dan Perwakilan Telegraph menjadi bagian Telegraph dan Telepon (Telegraph and Telephone Section). ARA akhirnya menjadi Association of American Railroads (AAR) pada tahun 1934, Divisi sinyal diubah namanya menjadi bagian Sinyal sedangkan Telegraph dan Telepon yang telah diubah namanya Bagian Komunikasi. Dua bagian pada tahun 1961 digabung menjadi Divisi Komunikasi dan Signal dari AAR, yang sekarang telah bergabung ke AREMA.

AREMA memiliki 28 komite teknis, yang disusun dalam enam kelompok fungsional. Komite, yang anggotanya datang dari industri Kereta api, bertemu secara rutin dan dengan dasar keahlian mereka untuk datang dengan metode yang terbaik untuk merawat infrastruktur kereta api.


  • Structures


    • Building & Support Facilities

    • Timber Structures

    • Concrete Structures & Foundations

    • Seismic Design for Railway Structures

    • Structures, Maintenance & Construction

    • Steel Structures

    • Clearances


  • Passenger & Transit


    • Commuter & Intercity Rail Systems

    • Rail Transit

    • High Speed Rail Systems

    • Electric Energy Utilization


  • Track


    • Roadway & Ballast

    • Rail

    • Track

    • Maintenance of Way Work Equipment

    • Ties



  • Engineering Services


    • Track Measuring Systems

    • Environmental

    • Yards & Terminals

    • Economics of Railway Engineering & Operations

    • Light Density & Short Line Railways

    • Education & Training


  • Communications & Signals


    • Scales

    • Highway-Rail Grade Crossing Warning Systems

    • Signal Systems

    • Information, Defect Detection & Energy Systems


  • Maintenance


    • Engineering Safety Steering Team

    • Track Maintenance Steering Team


22 bagian ada di lima volume, yang ditulis dan diupdate oleh komite AREMA.



  1. Administrative & General

  2. Railroad Signal Systems

  3. Highway-Rail Grade Crossing Warning Systems

  4. Yard Systems

  5. Defect Detection Systems

  6. Relays

  7. Signals

  8. Track Circuits

  9. Power Supply

  10. Wire & Cable

  11. Circuit Protection

  12. Switches

  13. Mechanical

  14. Electrical Devices, Foundations, Hardware Materials

  15. Materials

  16. Vital Circuit & Software Design

  17. Quality Principles

  18. Inside Plant

  19. Electrical Protection

  20. Inductive Interference

  21. Data Transmission

  22. Radio


sumber : AREMA

SIBP - SIPTB

SIBP izin dari Gubernur Cq. Ka. DPPB bagi perencana bangunan yang meliputi bidang ARSITEKTUR, KONSTRUKSI dan INSTALASI BANGUNAN.


TUGAS PEMEGANG SIBP:



  • Sebagai Pengawas Perencana Bangunan

  • Sebagai Pengawas Pelaksanaan Bangunan


TAHAPAN DAN URAIAN TUGAS PELAKSANAAN BANGUNAN:


Tahap 1: Mulai Pelaksanaan



  • Sisi Owner: Bangunan dapat di-investasikan dengan aman.

  • Sisi Lingkungan: Bangunan sesuai peraturan dan ketentuan membangun.


Tahap 2: Selama Pelaksanaan



  • Melaporkan secara periodik dari awal s/d 100% pelaksanaan.

  • Melaporkan sedini mungkin penyimpangan pelaksanaan terhadap peraturan kepada Pemerintah Propinsi (DPPB Propinsi DKI Jakarta).

  • Menegur, mengarahkan pemborong serta menghentikan pelaksanaan bangunan yang melanggar.

  • Melaporkan tindak lanjut terhadap pelanggaran yang ada.


Tahap 3: Pelaksanaan Selesai



  • Membuat pernyataan diatas materai bahwa pelaksanaan telah selesai sesuai IMB dan layak digunakan.

  • Melaksanakan uji coba instalasi bangunan disaksikan petugas DPPB dan membuat berita acara uji coba.

  • Memberikan arahan kepada pemilik tentang IPB.



PERSYARATAN UMUM PERENCANA BER-SIBP:



  • Mengajukan Permohonan (Formulir tersedia)

  • Foto kopi KTP

  • Foto kopi Ijazah Pendidikan Formal *)

  • Pengalaman kerja sesuai dengan keahlian **)

  • Menjadi anggota profesi ***)

  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 4 (empat) lembar

  • SIBP asli yang lewat masa berlakunya (3 tahun) untuk perpanjangan SIBP dan kenaikan golongan.



KETERANGAN (PERSYARATAN):


Ijazah Perguruan Tinggi Swasta harus dilegalisir Departemen Pendidikan Nasional (DPN)


Persyaratan khusus dan pengalaman kerja untuk masing-masing golongan dapat dilihat pada tabel 1


Daftar Organisasi Profesi yang diakui oleh Pemda DKI Jakarta pada tabel 2




SANKSI TERHADAP PEMILIK SIBP DAPAT DILAKUKAN BILA:



  • Tidak Melaporkan secara periodik kegiatan pelaksanaan membangun.

  • Tidak melaporkan penyimpangan bangunan dari izin secara dini dan atau tidak meluruskan penyimpangan tersebut.


BENTUK SANKSI:



  • Skorsing.

  • Penurunan Golongan

  • Pencabutan


Saat ini sesuai Pergub No. 132/2007 adalah :



  • Istilah : Sebelumnya menggunakan Istilah SIBP (Surat Ijin Bekerja Perencana), dan sesuai Pergub 132/2007 dirubah menjadi Surat Izin Pelaku Teknis Bangunan (SIPTB).

  • Sebelumnya, SIBP berlaku untuk tugas Perencanaan dan Pengawasan dalam satu SIBP. Pada ketentuan yang baru, SIPTB, dikeluarkan dalam bentuk :


(a) SIPTB Bidang Pengkajian (Klas A,B dan C)


(b) SIPTB Bidang Pemeliharaan (Klas A, B dan C).


(c) SIPTB Bidang Perencanaan (Klas A, B dan C).


(d) SIPTB Bidang Pengawasan (Klas A, B dan C).



  • Asosiasi Profesi sesuai disiplinnya, harus membuat Rekomendasi bagi anggotanya yang menginginkan pembuatan SIPTB, dengan keterangan yang jelas :


(a) Disiplin yang diinginkan


(b) Bidang


(c) Klas



  • Selain Rekomendasi, juga dilampirkan KTA (Kartu Tanda Anggota) Profesi, dan Sertifikat Keahlian yang dikeluarkan oleh Asosiasi Profesi sesuai dengan keahliannya.



Sumber : Berbagai sumber terkait SIBP/SIPTB

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

selaku instansi vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan RI yang menjalankan tugas & fungsi sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara mempunyai peran yang penting dalam :


- proses pencairan dana APBN,


- penatausahaan penerimaan negara


- pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran.


Sejalan dengan reformasi birokrasi dalam rangka menuju tata kelola Pemerintahan Yang baik (Good Govermance), KPPN sebagai salah satu unsur aparatur negara telah melakukan perubahan paradigma layanan dengan cara memberikan layanan yang cepat, tepat dan akurat, tanpa biaya serta proses pekerjaan yang transparan.



Visi :




"Menjadi pelaksana Kuasa Bendahara Umum Negara yang Profesional, Transparan dan Akuntabel untuk mewujudkan pelayanan prima",




Misi :



  1. Menjamin kelancaran pencairan dana APBN secara tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah;

  2. Mengelola penerimaan negara secara profesional dan akuntabel;

  3. Mewujudkan pelaporan pertanggungjawaban APBN yang akurat dan tepat waktu.




Tujuan:



  1. Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, profesional dan berintegritas tinggi sebagai aparatur pemerintah yang mampu menghadapi segala tantangan;

  2. Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam penyaluran dana APBN;

  3. Mewujudkan KPPN Jakarta I sebagai model kantor pelayanan percontohan yang bersih dan transparan.


Sasaran:



  1. Tersedianya SDM yang berkualitas melalui pemenuhan hak dan kewajiban pegawai serta penyelenggaraan diklat dan GKM;

  2. Tersedianya dana, sarana dan prasarana kantor yang memadai guna menunjang pelaksanaan tugas pokok;

  3. Terlaksananya pengelolaan administrasi keuangan yang baik;

  4. Tersalurnya dana APBN berdasarkan ketentuan yang berlaku;

  5. Terpenuhinya laporan pertanggungjawaban bendum berdasarkan ketentuan yang berlaku.

  6. Tersajinya data realisasi APBN secara tepat dan akurat.


Tugas Pokok KPPN Jakarta I adalah melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku



Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, KPPN Jakarta I menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :



  • Pengujian terhadap dokumen surat perintah pembayaran berdasarkan peraturan perundang-undangan.

  • Penerbitan surat perintah pencairan dana dari Kas Negara atas nama Menteri Keuangan (Bendahara Umum Negara).

  • Penyaluran pembiayaan atas beban APBN.

  • Penilaian dan pengesahan terhadap penggunaan uang yang telah disalurkan

  • Penatausahaan penerimaan dan pengeluaran negara melalui dan dari kas negara.

  • Pengiriman dan penerimaan kiriman uang.

  • Penyusunan laporan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara

  • Penyusunan laporan realisasi pembiayaan yang berasal dari pinjaman dan hibah luar negeri.

  • Penatausahaan penerimaan negara bukan pajak.

  • Penyelenggaraan verifikasi transaksi keuangan dan akuntansi.

  • Pembuatan tanggapan dan penyelesaian temuan hasil pemeriksaan.

  • Pelaksanaan kehumasan.

  • Pelaksanaan administrasi KPPN.
Sumber : www.kppn-jktsatu.web.id


TEMPAT PROMOSI (PROMOTION SPACE)

Photobucket
2. 8.